Apakah Beras Perlu Dicuci Sebelum Dimasak? Ini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Apakah Beras Perlu Dicuci Sebelum Dimasak? Ini Kata Pakar

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 25 Jan 2023 06:00 WIB
Apakah Beras Perlu Dicuci Sebelum Dimasak? Ini Kata Pakar
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuuji
Jakarta -

Saat masak nasi, beberapa orang terbiasa mencuci beras, namun sebagian lainnya tidak. Dari sisi kesehatan, mana yang dianjurkan? Apa kelebihan dan kekurangan mencuci beras sebelum masak nasi?

Ada banyak cara untuk memasak nasi, termasuk cara menyiapkannya. Muncul perdebatan soal perlu atau tidak mencuci beras sebelum mengolahnya.

Mengutip Livestrong (24/1), para ahli gizi dan chef profesional mengatakan mencuci beras ternyata perlu dilakukan. Praktik ini memang memakan waktu lebih, namun ada sejumlah manfaat di baliknya.

Berikut manfaat mencuci beras sebelum memasaknya:

Apakah Beras Perlu Dicuci Sebelum Dimasak? Ini Kata PakarFoto: Getty Images/iStockphoto/Yuuji

1. Menghilangkan kontaminan dan logam berat
Alasan utama pakar kesehatan merekomendasikan cuci beras adalah untuk menghilangkan kontaminan dan logam berat. Menurut penelitian yang dimuat dalam International Journal of Environmental Research and Public Health (November 2020), beras sangat tinggi arsenik, timbal, dan kadmium yang menimbulkan risiko kesehatan serius untuk kesehatan.

"Anda harus selalu mencuci beras sebelum memasaknya," kata ahli gizi Kimberly Gomer. "Kontaminan masuk ke tanaman padi dari air tanah tercemar yang membanjiri sawah, sehingga manfaat utama mencuci beras adalah menurunkan risiko keracunan logam berat," lanjut Gomer.

Kemungkinan mengalami keracunan logam berat dari makan nasi mungkin memang rendah, namun hal ini tetap berisiko untuk bayi dan anak. Karenanya tetap disarankan untuk mencuci beras sebelum masak nasi.

2. Menyingkirkan kotoran
Gomer mengungkap alasan lain di balik pentingnya praktik mencuci beras adalah menyingkirkan kotoran. "Mencuci beras menghilangkan hal-hal yang pasti tidak kita inginkan di piring kita, seperti kotoran, debu, bahan kimia, dan serangga," katanya.

Menurut University of Maryland Extension, biji-bijian seperti beras sangat rentan terhadap kontaminasi kutu beras. Serangga kecil ini dapat menyerang makanan dan membuat kualitasnya lebih cepat menurun.

3. Bikin rasa dan tekstur nasi makin enak
Nasi kaya akan kandungan pati yang dapat membuat teksturnya lengket dan menempel saat dimasak. Untuk mengurangi hal tersebut, chef selebriti Kai Chase menyarankan untuk mencuci beras lebih dulu sebelum dimasak.

"Mencuci beras dapat menghilangkan kandungan pati berlebih, menghasilkan tekstur yang lebih pulen dan rasa yang lebih enak," katanya. Ia juga mengatakan jika beras tidak dicuci, nasi bisa menggumpal nantinya.

Praktik mencuci beras juga memiliki dampak. Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT