Makan Nasi Putih Dianggap Penyebab Kegemukan, Ini Fakta Nutrisinya

ADVERTISEMENT

Makan Nasi Putih Dianggap Penyebab Kegemukan, Ini Fakta Nutrisinya

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 19 Jul 2022 06:00 WIB
Manfaat makan nasi
Foto: iStock
Jakarta -

Nasi dipandang buruk sebagai makanan penyebab berat badan naik. Karenanya sering dihindari pelaku diet, padahal nasi kaya akan nutrisi.

Nasi merupakan makanan pokok di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia. Bahkan di Indonesia ada anggapan bahwa belum makan namanya kalau belum makan nasi.

Nasi memiliki banyak jenis, yang populer di Indonesia ada nasi putih, nasi merah dan nasi hitam. Namun sayangnya, nasi putih seringkali dipandang sebelah mata.

Banyak orang yang menghindari makan nasi karena takut berat badan jadi naik. Karena itulah banyak orang yang lebih memilih nasi merah ketimbang nasi putih atau tidak makan nasi sama sekali.

Nasi memang mengandung karbohidrat. Namun, karbohidrat tersebut belum tentu berbahaya. Sebab sejatinya, tubuh sangat membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi yang terpenting bagi otak dan otot tubuh.

Berikut ini alasan untuk tidak menghindari nasi:

1. Penuh dengan Nilai Gizi

Manfaat makan nasiSelain karbohidrat, nasi juga mengandung sedikit protein dan sedikit lemak. Foto: iStock

Nilai gizi bervariasi sesuai denganvarietasnya. Selain karbohidrat, nasi juga mengandung sedikit protein dan sedikit lemak.

Seperti nasi cokelat misalnya yang mengandung semua komponen biji-bijian. Seperti dedak berserat, kuman bergizi dan endosperm kaya karbohidrat.

Sementara nasi putih hanya ada endosperma saja. Karenanya jika dibandingkan, nasi cokelat memiliki jumlah serat, nutrisi dan antioksidan yang lebih banyak.

Baca Juga: Kenali Jenis Beras & Manfaatnya untuk Kesehatan, Mana Pilihan Anda?

2. Kandungan Lemak

Dalam 100 gram nasi cokelat dan nasi putih mengandung sekitar 200 kalori saat dimasak. Keduanya mengandung 44 gram karbohidrat.

Yang berbeda adalah kandungan proteinnya. Protein pada nasi cokelat sebanyak 5 gram, sementara pada nasi putih hanya 4 gram.

Begitu juga dengan kandungan serat pada nasi putih kurang dari satu gram, sedangkan nasi cokelat ada 4 gram serat. Untuk kandungan lemaknya, nasi putih mengandung 0,4 gram lemak dan nasi cokelat ada 1,7 gram lemak.



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Campur Bali Enak yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT