Kenali Jenis Beras & Manfaatnya untuk Kesehatan, Mana Pilihan Anda?

Erika Dyah - detikFood Kamis, 21 Apr 2022 19:05 WIB
Polytron Foto: Dok. Polytron
Jakarta -

Sebagai bagian dari negara agraris, beras telah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat. Kebanyakan dari kita biasanya mengonsumsi beras putih yang mudah ditemui di pasaran, namun sebenarnya ada beragam jenis beras dengan manfaatnya masing-masing.

Beragam jenis beras ini memiliki warna, tekstur, ukuran, serta rasa yang berbeda-beda. Meski Namanya mungkin jarang Anda dengar, jenis beras ini justru memiliki banyak manfaat kesehatan yang menjadikannya layak untuk dicoba. Ingin tahu apa saja alternatif beras yang baik untuk kesehatan Anda? Simak daftarnya yang dilansir dari realsimple dan healthline berikut ini.

1. Beras Hitam

Meski terkadang sulit ditemukan, jenis beras yang satu ini dikenal memiliki nutrisi paling baik jika dibandingkan dengan varietas beras lain. Uniknya, beras ini sempat disebut sebagai beras terlarang karena dulu hanya disediakan untuk bangsawan di Tiongkok kuno.

Dengan memakan beras hitam, Anda bisa memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Serat dan nutrisinya yang tinggi juga mampu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan pencernaan, hingga mencegah penyakit kronis.

Selain itu, beras ini diketahui memiliki tingkat antioksidan paling tinggi di antara jenis beras lain karena kaya akan kandungan antosianin, pigmen tumbuhan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Kandungan antosianin ini juga terbukti memiliki sifat antikanker yang kuat.

2. Beras Cokelat

Beras cokelat yang memiliki tekstur padat seperti kacang ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda. Sebab, jenis beras ini kaya akan vitamin B, zink, dan magnesium. Beras cokelat berupa gandum utuh yang tinggi serat juga mampu menstabilkan gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

Soal kalori dan karbohidrat, jumlahnya tak berbeda dari beras putih yang biasa kita konsumsi. Namun, varietas beras cokelat ini memiliki serat yang mencapai 3 kali lebih banyak serta lebih tinggi protein jika dibandingkan beras biasa. Serat dan proteinnya yang tinggi inilah yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, cocok sekali untuk disantap saat berpuasa.

Beras ini juga disebut sebagai pilihan yang baik untuk para penderita diabetes. Sebab kandungan magnesium dan mineral yang tinggi di dalamnya berperan penting menjaga gula darah dan metabolisme insulin.

3. Beras Merah

Jenis beras yang satu ini mungkin sudah sering Anda temukan. Sehingga, Anda pun tak asing lagi dengan manfaatnya bagi kesehatan. Jenis ini memiliki protein dan serat yang lebih tinggi dibandingkan varietas beras putih, serta tinggi kandungan antioksidan.

Penelitian menyebutkan beras merah memiliki potensi yang jauh lebih besar untuk melawan radikal bebas dan mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan beras cokelat. Flavonoid ini mampu membantu mengurangi peradangan di tubuh Anda serta bantu mengurangi risik kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Selain itu, beras merah juga dikenal sebagai pilihan favorit bagi mereka yang tengah menjalankan diet. Sebab, serat dan proteinnya yang tinggi membantu mengurangi rasa lapar sehingga pola makan lebih terkontrol. Kandungannya yang nol lemak juga membantu menjaga berat badan. Tak hanya itu, kandungan serat beras merah juga bisa membantu melancarkan pencernaan Anda.

4. Beras Liar (Wild Rice)

Beras liar merupakan jenis beras yang berasal dari Amerika Utara. Bentuknya berupa gandum utuh panjang yang kenyal saat dimasak. Seperti beras hitam, beras liar mengandung tingkat serat dan protein yang tiga kali lebih banyak sehingga menjadikannya pilihan mengenyangkan dan menyehatkan. Salah satunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol.

Beras liar juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, karena memiliki vitamin B, magnesium, dan mangan. Penelitian menyebutkan aktivitas antioksidan dalam jenis beras ini bahkan 30 kali lebih besar dibandingkan beras putih biasa.

Itu dia 4 jenis alternatif beras yang kaya akan manfaat kesehatan selain beras putih yang biasa kita makan sehari-hari. Tanpa perlu repot, seluruh beras ini bisa Anda masak dengan mudah untuk menjadi nasi yang pulen. Cukup dengan mencucinya dan memasaknya menggunakan rice cooker kesayangan Anda, misalnya Rice Cooker Donabe dari Polytron.

Rice cooker yang satu ini memiliki teknologi DONAHEAT 3D yang membuat proses pemanasan lebih merata dari 3 arah. Sehingga, Anda bisa memasak nasi menjadi lebih nikmat seenak dan sepulen nasi Jepang.

Polytron Foto: Dok. Polytron

Selain itu, rice cooker Donabe juga memiliki kapasitas 2 liter yang cocok untuk digunakan memasak nasi untuk seluruh keluarga. Dengan menggunakan rice cooker ini, Anda tak perlu khawatir lagi saat memasak dalam jumlah banyak karena nasi akan tetap enak dan hangat hingga 48 jam.

Wadahnya pun memiliki lapisan keramik lebih kuat dan lebih tahan lama dengan Ceramic Coating Donabe. Serta mudah dilepas pasang agar bisa dibersihkan secara menyeluruh. Bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan, rice cooker Donabe juga bisa memudahkan hidup Anda karena telah dilengkapi fitur 3-in-1 cooking untuk memasak, memanaskan, dan mengukus makanan.

Beragam fitur dan keunggulan rice cooker Donabe dari Polytron ini bisa Anda andalkan untuk bikin urusan dapur lebih praktis, salah satunya memasak beras yang menyehatkan bagi Anda dan keluarga. Dengan rice cooker Donabe Polytron, masak nasi jadi sepulen nasi Jepang.

(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com