Wanita Ini Kaget Biaya Masak Sendiri Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Beli di Luar

ADVERTISEMENT

Wanita Ini Kaget Biaya Masak Sendiri Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Beli di Luar

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 25 Jan 2023 08:00 WIB
Wanita Ini Kaget Biaya Masak Sendiri Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Beli di Luar
Foto: TikTok @keke.rog
Jakarta -

Wanita ini terkejut setelah mencoba masak makanan sendiri di rumah. Pasalnya biaya ia masak di rumah jauh lebih mahal dibandingkan ia beli makan di luar.

Salah satu cara menghemat biaya makan yang diyakini oleh banyak orang yaitu dengan beralih ke masak sendiri di rumah. Meskipun beli makan di luar lebih praktis, namun kebiasaan itu justru menguras biaya lebih banyak.

Akhirnya beberapa orang mencoba mulai masak sendiri di rumah dibandingkan harus beli. Sayangnya, cara hemat tersebut ternyata tidak sepenuhnya berhasil karena wanita ini justru dibuat kaget dengan biaya yang ia keluarkan saat masak sendiri di rumah.

Dalam unggahan di akun TikTok miliknya, wanita bernama Keke asal Amerika Serikat ini membagikan cerita ketika dirinya mencoba mengubah pola makan yang lebih hemat. Dalam videonya itu, Keke mengungkap sangat ingin steak bowl dari restoran Chipotle yang berada di salah satu gerai di Amerika Serikat. Tetapi ia sedang berada dalam kondisi harus menghemat, lapor kitchen.nine.com.au (24/01).

Karena keinginannya tidak bisa dipenuhi, wanita ini pun mencari alternatif lain dengan memasak hidangan steak bowlnya sendiri. Keke pun memutuskan untuk belanja ke supermarket dan membeli beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat steak bowl ala restoran Chipotle itu.

Wanita Ini Kaget Biaya Masak Sendiri Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Beli di LuarSeperti ini tampilan steak bowl ala Chipotle yang diinginkan oleh wanita ini. Foto: Getty Images

Setelah selesai membeli bahan-bahan masakan tersebut, Keke terkejut dengan tagihannya. Dalam video, ia membandingkan harga steak bowl di Chipotle dengan bahan yang ia beli di supermarket.

Harga hidangan steak bowl di Chipotle sekitar $13 atau Rp 194 ribu atau rata-rata harganya hanya sampai $18.50 atau Rp 276 ribu. Tetapi saat Keke mencoba membeli bahan-bahan segar dan mengolah steak bowl sendiri, ia harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar, sekitar $35 atau Rp 583 ribu sampai $49 yaitu sekitar Rp 733 ribu.

"Jadi dibandingkan harus menghabiskan $13 (rata-rata $18.50) steak bowl di Chipotle, yang biasanya bisa bertahan seperti dua kali makan, saya membeli bahan-bahan untuk membuat dua porsi steak bowl di rumah seharga $35 (kurang lebih $49)," ucapnya dalam video.

Wanita Ini Kaget Biaya Masak Sendiri Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Beli di LuarSayangnya saat ia mencoba masak, biayanya jauh lebih mahal. Foto: TikTok @keke.rog

Melihat perbedaan harga ini, tentunya Keke terkejut dan lebih percaya jika akhir-akhir ini harga makanan dari luar jauh lebih murah.

"Pergi ke luar untuk makan sejujurnya jauh lebih murah akhir-akhir ini," tambahnya dalam video.

Diketahui Keke membeli bahan-bahan makanan seperti daging steak, nasi, kacang-kacangan, sayuran, dan satu pack bumbu Fajita. Semua bahan itu rupanya telah menghabiskan biaya yang mahal.

Wanita Ini Kaget Biaya Masak Sendiri Jauh Lebih Mahal Dibandingkan Beli di LuarWanita bernama Keke ini cukup terkejut dengan biaya yang harus ia keluarkan untuk memasak hidangan sendiri di rumah. Foto: TikTok @keke.rog

Dalam klip lanjutan, Keke menyimpulkan jika biaya hemat masak di rumah sepertinya hanya berlaku kepada para keluarga. Sementara jika hanya masak untuk sendiri, akan jauh lebih hemat jika makan di luar.

"Saya merasa jika masak di rumah hanya akan lebih hemat untuk keluarga. Jika kamu hanya makan sendiri, dalam beberapa kasus akan lebih murah untuk makan di luar," ujar wanita ini.

Masak di rumah bukan hanya memakan biaya, tetapi Keke merasa itu juga sekaligus memakan waktu dan tenaga. Karena harus meluangkan waktu untuk belanja, memasak, dan membersihkan piring atau alat masak yang kotor.

Meskipun Keke lebih menyetujui gagasan beli makan di luar lebih hemat dibandingkan masak, banyak netizen justru kurang setuju.

Seorang netizen mengungkap jika dirinya bisa menghemat biaya banyak setelah masak di rumah.

"Darimana kamu membeli bahan-bahan makanan? karena aku bisa hemat banyak uang dan bisa menghasilkan 10 makanan lebih banyak dibandingkan beli makanan di luar," komentar seorang netizen.

Sementara netizen lain mencoba melihat dari kedua sisi dengan berkomentar, "Belanja di supermarket memang akan menghabiskan uang lebih banyak tetapi banyak bahan-bahan yang kamu beli bisa bertahan lebih lama dibandingkan makanan tertentu."



Simak Video "Mencoba Steak Ala Meksiko"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT