Viral Ibu Ini Beri Kental Manis dan Kopi Instan untuk Bayinya

ADVERTISEMENT

Viral Ibu Ini Beri Kental Manis dan Kopi Instan untuk Bayinya

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 23 Jan 2023 10:30 WIB
Viral Ibu Ini Beri Kental Manis dan Kopi Instan untuk Bayinya
Foto: TikTok @kayess9
Jakarta -

Di TikTok viral video seorang ibu yang memberikan makanan tak biasa untuk bayinya. Ia memberi minum susu kental manis, kopi instan, hingga nasi ayam pedas yang bukan makanan bayi.

Memberikan bayi asupan makanan yang tepat dan bernutrisi sangat diperlukan demi menunjang tumbuh kembangnya, namun sayang tak semua orang tua mengerti soal aturan pemberian makan bayi.

Sering ditemukan orang tua memberikan makanan orang dewasa atau makanan lain yang sebenarnya tidak cocok dikonsumsi bayi. Contohnya pemilik akun TikTok @kayess9 yang bikin netizen khawatir karena caranya memberi makan sang bayi.

Melihat TikTok-nya, pemilik nama Adinda Yana ini diduga tinggal di Gowa, Sulawesi Selatan. Ia kerap mengunggah video-video kesehariannya bersama bayi berusia sekitar 7-8 bulan.

Viral Ibu Ini Beri Kental Manis dan Kopi Instan untuk BayinyaViral seorang ibu memberikan susu kental manis untuk dikonsumsi bayi 7 bulan. Foto: TikTok @kayess9

Bayi menggemaskan itu tidak mendapat Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula, tetapi susu kental manis. Dalam unggahan (18/5), Adinda Yana menulis "Bayi dikasih susu Frisian Flag (kental manis) dan Nextar."

Ia juga mengatakan bayinya sering Buang Air Besar (BAB). "Tiap hari 10 kali BAB-nya, mana nda pake popok," kata Adinda Yana. Terlihat ia meracik kental manis di dot bayi dengan menyeduhnya bersama air hangat.

Selain itu, Adinda Yana juga terlihat memberikan kopi instan untuk bayinya (21/1). Bayi itu tampak menjilati kemasan kopi Good Day. Lebih mencengangkan lagi, ibunya bilang kalau kopi ini 'terpaksa' diberikan alih-alih ia memberikan kental manis yang disebut netizen tidak ada susunya.

"Bayi minum kopi Good Day kan ada susunya, dari pada dikasih susu Frisian Flag katanya nda ada susunya," tulisnya. Rupanya hal ini tetap membuat bayinya diare. Frekuensinya berkurang dari 10 kali menjadi 9 kali.

Viral Ibu Ini Beri Kental Manis dan Kopi Instan untuk BayinyaSang bayi bahkan diberi makan nasi ayam pedas yang merupakan makanan orang dewasa. Foto: TikTok @kayess9

Pada momen lain, Adinda Yana bahkan menunjukkan makanan sang anak yang bukan berupa MPASI, melainkan nasi ayam pedas (22/1). "Alhamdulillah dapat ayam, bayi usia 7 bulan makan ayam pedas sama nasi, tapi dan bisa ngunyah karena dia nda punya gigi. Kasihan dia cuma bisa telan," tulis Adinda Yana.

Melihat beragam unggahan ini, netizen khawatir sekaligus geram dengan tindakan sang ibu. detikfood sudah coba menghubungi pemilik akun untuk konfirmasi lebih lanjut (23/1), namun belum ada tanggapan.

Sementara kisah ini sudah menjadi sorotan dokter spesialis anak yang populer di Twitter, dokter Kurniawan Satria Denta. Melalui cuitannya yang dikutip detikfood atas seizinnya (23/1), dokter Denta memberi keterangan, "Saya bisa apa? Nangis juga," katanya dengan emoji menangis mengomentari video viral itu.

Dalam cuitan balasan, dokter Denta mengingatkan kopi bukanlah minuman yang patut dikonsumsi anak-anak. "Kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. IDAAS (Ikatan Dokter Anak Amerika Serikat) malah secara tegas dan presisi membuat pernyataan, di bawah 12 tahun haram hukumnya minum kopi!" katanya.

Viral Ibu Ini Beri Kental Manis dan Kopi Instan untuk BayinyaBayi itu mencicipi kopi instan yang diseduhkan sang ibu untuknya. Foto: TikTok @kayess9

Mengenai pemberian kental manis untuk bayi dan anak, mengutip detikhealth (27/12/2019), dokter spesialis gizi klinik, dr Diana Suganda menegaskan susu kental manis tidak untuk dikonsumsi secara rutin atau dijadikan asupan utama.

Kandungan gulanya yang tinggi bisa membuat anak cepat kenyang sehingga berdampak pada kurangnya nutrisi yang masuk ke tubuh.

"Sedangkan anak-anak itu harus banyak-banyak di protein ya. Protein itu untuk kembang, daya pikir, untuk konsentrasi, semuanya. Ibaratnya bikin rumah kalau dia pondasinya, protein itu dindingnya, batu batanya. Jadi, pondasinya," katanya.



Simak Video "Menu Andalan Nagita Slavina untuk Cukupi Gizi Rayyanza"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT