Mau Jadi Inspektur Michelin Guide Panduan Kuliner Bergengsi? Ini Syaratnya

ADVERTISEMENT

Mau Jadi Inspektur Michelin Guide Panduan Kuliner Bergengsi? Ini Syaratnya

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 24 Jan 2023 19:00 WIB
Mau Jadi Inspektur Michelin Guide Panduan Kuliner Bergengsi? Ini Syaratnya
Foto: Getty Images/DjelicS
Jakarta -

Sejak lama Michelin Guide dikenal sebagai panduan kuliner bergengsi. Restoran yang terpilih bakal terkenal sekaligus memiliki kehormatan tersendiri usai menyandang bintang Michelin.

Michelin Guide memiliki sejarah panjang sejak diperkenalkan tahun 1900 oleh perusahaan ban asal Prancis, Michelin. Kini ada lebih dari 35 negara yang memiliki Michelin Guide, namun Indonesia belum termasuk di antaranya.

Panduan makan asal Prancis ini selalu menerbitkan daftar restoran fine dining berkualitas yang layak dicoba. Penilaiannya dilakukan oleh inspektur Michelin Guide yang nantinya bakal memberi bintang 1, 2, atau 3.

Semakin banyak bintangnya, maka semakin berkualitas restoran fine dining yang dimaksud. Kualitas ini tercermin dari suasana, pelayanan, hingga menu yang disajikan.

Mengingat bergengsinya panduan ini, seorang inspektur Michelin Guide bukanlah sosok sembarangan. Ada berbagai syarat dan kriteria yang harus dipenuhi untuk menjabat profesi ini.

Mengutip Daily Meal (24/1), saat ini hanya ada sekitar 120 inspektur Michelin Guide di dunia. Kritikus makanan elit ini bakal melakukan perjalanan jauh setiap tahun. Mereka menjelajahi dunia untuk mencari restoran terbaik.

"Seorang inspektur Michelin Guide akan makan di restoran lebih dari 9 kali seminggu, makan siang-makan malam. Jika Anda Anda mengalikannya, bisa menjadi 275 hingga 300 kali setahun," kata salah satu inspektur Michelin Guide dalam wawancara bersama TimeOut Chicago tahun 2019.

Ia pribadi lebih suka menganggap dirinya sebagai James Bond, alih-alih kritikus makanan yang identik pemarah dan menyebalkan. Karenanya dalam bekerja, inspektur Michelin Guide bakal tak terang-terangan menunjukkan profesinya.

Selain itu, calon inspektur Michelin Guide bakal menjalani pelatihan ekstensif dan harus memiliki keterampilan khusus. Mereka bakal menentukan penilaiannya berdasarkan 5 kriteria.

Penilaian kolektif inspektur menentukan bintang Michelin Guide yang didapat restoran

Michelin GuideMichelin Guide menjadi salah satu panduan kuliner bergengsi di dunia. Foto: Istimewa

Inspektur Michelin Guide diminta menyembunyikan identitasnya selama bekerja. Mereka juga membayar makanannya sendiri, tidak menerima jatah gratis dari restoran.

Kritikus makanan ini tidak dapat berafiliasi dengan organisasi manapun. Mereka juga harus memiliki pengalaman kerja beberapa tahun di sektor perhotelan.

Dalam menjalankan tugas ini, terkadang sebuah restoran dievaluasi oleh 2 atau lebih inspektur Michelin Guide. "Pemberian bintang divalidasi melalui proses 'kolegial': berbagai kelompok inspektur dari berbagai wilayah global bertanggung jawab untuk mengonfirmasi bintang yang diberikan di setiap edisi," menurut seorang inspektur Michelin Guide.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu syarat menjadi inspektur Michelin Guide.



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Pempek All You Can Eat di PIK Auto Kenyang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT