Restoran Ini Sajikan Air Putih Hasil Daur Ulang Air Kloset, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Restoran Ini Sajikan Air Putih Hasil Daur Ulang Air Kloset, Ini Alasannya

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 24 Jan 2023 15:00 WIB
Restoran Ini Sajikan Air Putih Hasil Daur Ulang Air Kloset, Ini Alasannya
Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages
Jakarta -

Restoran ini menghebohkan setelah mereka diketahui menyajikan air putih dari hasil daur ulang air kloset. Terlepas dari keanehan itu, ternyata ini alasannya.

Di beberapa negara, ada restoran yang menawarkan air putih secara gratis, ada juga yang berbayar. Jika ingin air putih gratis biasanya airnya diambil dari keran. Minum air keran sendiri sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan oleh sebagian masyarakat di luar negeri.

Tetapi baru-baru ini ada sebuah restoran di Belgia yang menghebohkan publik karena air yang mereka sajikan. Pasalnya, restoran itu bukan menyediakan air mineral maupun air keran, melainkan air kotor yang didaur ulang.

Restoran bernama Gust'eaux di Kuurne, Belgia telah menyajikan air minum gratis kepada para pelanggannya. Namun air putih gratis ini dianggap cukup menjijikan dan aneh karena merupakan air daur ulang dari kloset, lapor food.ndtv.com (23/01).

Restoran Ini Sajikan Air Putih Hasil Daur Ulang Air Kloset, Ini AlasannyaBegini suasana restoran yang sajikan air putih gratis dari air toilet. Foto: Instagram

Menurut laporan, restoran Gust'eaux menggunakan air putih daur ulang bukan untuk minum saja, melainkan juga untuk membuat es batu dan kopi. Restoran di Belgia itu menggunakan proses pemurnian air lima langkah untuk mendaur ulang dan memurnikan air.

Kepada VRT News salah satu perwakilannya mengungkap jika mereka juga menambahkan mineral ke air daur ulang itu agar lebih sehat.

"Air hasil daur ulang itu terlalu murni untuk diminum, jadi kami menambahkan mineral untuk membuatnya lebih sehat," ujar salah satu perwakilan Restoran Gust'eaux.

Terlepas dari pilihan mereka untuk menyajikan air putih daur ulang, ada alasan tertentu di baliknya. Restoran ini tidak terhubung ke sistem saluran pembuangan kota. Ini membuat mereka kesulitan terhadap limbah. Akhirnya mereka menggunakan sistem daur ulang untuk mendapatkan solusi untuk mengatasi limbahnya.

Prosesnya diawali dengan air kloset dan air wastafel yang dibersihkan dengan pupuk tanaman. Kemudian sebagiannya dicampur dengan air hujan yang tertampung dan digunakan untuk menyiram kloset, sedangkan sisanya melewati proses penjernihan.

Mungkin air putih hasil daur ulang air toilet ini terdengar menjijikan bagi sebagian orang. Namun jika dilihat dari situ Tripadvisor, banyak pelanggan yang tampaknya tidak memedulikan hal tersebut. Karena ulasan pelanggan justru lebih kagum dengan pengalaman makan mereka dan pelayanan di restoran tersebut.

Restoran Ini Sajikan Air Putih Hasil Daur Ulang Air Kloset, Ini AlasannyaTerlepas dari sajian air putih mereka, restoran ini mendapat ulasan baik dari para pelanggan karena pengalaman luar biasa. Foto: Tripadvisor

Banyak pelanggan mengungkap kepuasan mereka atas pengalaman makan steak yang luar biasa di restoran ini. Menu-menu makanannya disajikan dengan porsi yang pas dan dibuat dari bahan berkualitas.

Terlebih, pelayan-pelayan restorannya juga dikenal ramah dan profesional. Banyak dari pelanggan menulis ulasan jika mereka pastinya akan balik lagi untuk menikmati pengalaman makan di restoran mewah ini.



Simak Video "Resto Jepang Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT