6 Tips Mudah Kurangi Rasa Pahit Kopi yang Terlalu Kuat

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

6 Tips Mudah Kurangi Rasa Pahit Kopi yang Terlalu Kuat

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 24 Jan 2023 05:00 WIB
Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk?
Foto: Getty Images/grandriver
Jakarta -

Kopi sejatinya memiliki karakter rasa pahit, namun jika pahitnya terlalu kuat malah mengurangi kenikmatannya. Untuk mengatasi itu, berikut 6 tips mudah mengurangi rasa pahit kopi.

Banyak orang mengandalkan kopi sebagai asupan minuman sehari-hari. Mengonsumsinya di pagi hari dirasa bisa memberikan dorongan energi sekaligus menambah fokus saat bekerja.

Bicara soal karakter rasa umumnya yang pahit, kopi sejatinya juga bisa terlalu pahit atau pekat untuk dinikmati. Karenanya beberapa pencinta kopi lebih memilih mengurangi rasa pahit tersebut. Ada beberapa cara dan tips mudah untuk mengurangi rasa pahit pada kopi agar rasanya lebih nikmat.

Mengutip Coffee Affection (23/1), berikut 6 tips mudah kurangi rasa pahit kopi:

1. Kurangi waktu penyeduhannya

Rasa pahit kopi yang terlalu kuat salah satunya disebabkan oleh waktu penyeduhannya (brewing) yang terlalu lama. Seperti diketahui, semakin lama waktu menyeduh, maka semakin lama ekstraksi kopi berlangsung hingga menghasilkan rasa lebih pahit. Untuk mengurangi rasa pahit kopi, seduhlah kopi dalam waktu lebih singkat.

2. Bersihkan alat untuk menyeduh kopi

Menyeduh kopi dengan French pressFoto: iStock

Biji kopi bersifat seperti spons yang mudah menyerap berbagai hal di sekitarnya. Kondisi ini bisa mempengaruhi aroma dan cita rasa kopi nantinya. Karenanya penyeduhan kopi idealnya berlangsung di lingkungan yang bersih.

Usahakan selalu membersihkan alat-alat untuk menyeduh kopi, termasuk mesin kopi, cangkir, dan alat manual brew yang digunakan. Bersihkan rutin setiap kali habis digunakan agar residu kopi yang tertinggal minim dan tak membuat rasa pahitnya lebih kuat.

3. Perhatikan suhu air untuk menyeduh kopi

Menyeduh kopi tak sekadar menuangkan air panas, tapi perhatikan suhunya. Jika air yang digunakan terlalu mendidih, maka akan mematangkan kopi yang membuat rasa pahitnya lebih keluar. Disarankan untuk menggunakan air panas bersuhu 93 derajat Celsius, bukan 100 derajat Celsius.

4. Jangan pilih biji kopi yang digiling terlalu halus

lebih baik biji kopi atau kopi bubukFoto: iStock

Hal lain yang mempengaruhi kepahitan kopi adalah ukuran gilingan biji kopi (grind). Semakin halus, maka kopi mungkin lebih pahit ketika diseduh karena ada proses ekstraksi yang berlebih. Jadi kalau tak mau kopi terlalu pahit, jangan membeli kopi giling yang terlalu halus.

5. Hindari terlalu banyak memakai bubuk kopi

Anggapan keliru yang masih diyakini pencinta kopi adalah semakin banyak bubuk kopi ditambahkan, maka akan semakin kuat kafein di dalamnya. Faktanya hal itu tidak tepat dan justru malah akan membuat rasa kopi terlalu pahit.

Prinsipnya, semakin banyak kopi di dalam gelas, semakin banyak air yang dibutuhkan untuk menyeduhnya, dan hal ini membuat proses penyeduhan semakin lama. Ketika waktu menyeduh semakin lama, maka proses ekstraksi berlebihan lebih mungkin terjadi hingga membuat rasa kopi terlalu pahit.

6. Pilih biji kopi berkualitas

Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan?Foto: Getty Images/iStockphoto/NighthawkFotografie

Ada harga, ada rasa. Ungkapan ini juga berlaku ketika memilih biji kopi. Pilih yang berkualitas, biasanya memang lebih mahal, namun pasti lebih enak aroma dan rasanya. Kopi murah selama ini identik dengan rasanya yang pahit dan tidak maksimal karena proses produksinya yang juga tidak terlalu baik.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT