Dion Wiyoko Rayakan Imlek dengan Menikmati Yee Sang yang Penuh Filosofi

ADVERTISEMENT

Dion Wiyoko Rayakan Imlek dengan Menikmati Yee Sang yang Penuh Filosofi

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 22 Jan 2023 16:30 WIB
Momen Imlek Dion Wiyoko
Foto: Instagram @fionaanthony
Jakarta -

Artis Dion Wiyoko bersama keluarga turut merayakan Imlek. Mereka pun menikmati yee sang yang sangat sarat akan makna. Begini momennya.

Imlek merupakan perayaan tahun baru dalam kalender China atau disebut juga kalender Lunar. Kalender ini berbeda dengan kalender Masehi karena didasarkan pada siklus bulan.

Tahun ini Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Dalam perayaan Imlek, dimeriahkan dengan aneka hidangan yang tak hanya sekadar untuk dinikmati tetapi juga memiliki filosofi.

Imlek pun turut dirayakan oleh beberapa artis tanah air, tak terkecuali Dion Wiyoko. Melalui Instagramnya, Dion Wiyoko memperlihatkan momen merayakan Imlek bersama keluarga besarnya.

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu, 7 Etika Makan Bersama Saat Rayakan Imlek Ini

Momen Imlek Dion WiyokoMenu makanan yang disajikan saat makan malam Imlek di keluarga Dion WIyoko. Foto: Instagram @fionaanthony

Dalam momen tersebut, terlihat ia menikmati makan malam dengan berbagai menu. Ada nasi goreng, scallop asparagus, longevity noodles, steamer grouper, honey glaze pork ribs,chili lobster danyee sang.

Semua menu tersebut dipesan dari restoran Putien Indonesia. Istri Dion Wiyoko, Fiona Anthony mengatakan bahwa menu tersebut diracik dengan sedikit garam dan dan MSG.

Setiap menu yang dinikmati tersebut masing-masing memiliki filosofi tersendiri. Seperti ikan grouper kukus yang disajikan utuh dengan ekor dan kepala. Cara penyajian ini melambangkan keberuntungan.

Selain itu, ada longevity noodle atau mie panjang umur. Mie menjadi salah satu hidangan yang identik dengan perayaan Imlek. Cara makan mie saat Imlek tidak boleh putus, karena melambangkan panjang umur.

Baca Juga: Kenapa Ikan Utuh Harus Ada dalam Menu Santapan Imlek?

Momen Imlek Dion WiyokoMomen Imlek Dion Wiyoko melakukan ritual meracik yee sang. Foto: Instagram @fionaanthony

Yang tak kalah menarik adalah hidanganyee sang. Terlihat dalamInsta StoryDionWiyoko, ia bersama keluarganya tersebut melakukan tradisi mercikyee sang dan menikmatinya.

Saat mengaduk-aduk aneka bahan yee sang, mereka juga sambil berdoa untuk harapan-harapan yang baik. "Banyak rezeki, corona pergi, usaha maju terus, enteng jodoh," ujar mereka.

Yeesan atau yusheng merupakan hidangan salad. Kata yee sang merupakan gabungan kata 'Yu' dalam bahasa China yang berarti ikan dan 'Sheng' berarti mentah. Isiannya ada ikan, sayur, buah dan bumbu.

Momen Imlek Dion WiyokoMomen Imlek Dion Wiyoko Foto: Instagram @fionaanthony

Selain itu juga ada irisan wortel, lobak hijau, lobak putih, rumput laut, jeruk Bali/pomelo, rumput laut, dan pangsit. Sementara untukbumbunya menggunakan saus plum, minyak, lada bubuk, kacang tanah dan biji wijen.

Semua bahan tersebut melambangkan harapan yang baik. Yee sang kemudian disajikan dalam puring bundar untuk dinikmati bersama-sama menggunakan sumpit.

Orang yang menikmatinya pun berkumpul mengelilingi wadah yee sang. Seseorang ada yang bertugas meracik yee sang dengan memasukkan satu per satu bahan ke piring.

Kemudian juga diiringi ucapan dalam Bahasa Mandarin yang melambangkan kebaikan. Setelah semua bahan dimasukkan, diaduk bersama-sama sampai tinggi. Lalu yee sang dapat dinikmati.

Baca Juga: Yee Sang, Salad Imlek yang Enak dan Penuh Filosofi



Simak Video "Masak Masak: Wonton Kukus Kuah Mala Spesial Imlek"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT