Kamu Perlu Tahu, 7 Etika Makan Bersama Saat Rayakan Imlek Ini

ADVERTISEMENT

Kuliner Imlek Peranakan

Kamu Perlu Tahu, 7 Etika Makan Bersama Saat Rayakan Imlek Ini

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 21 Jan 2023 08:00 WIB
Kamu Perlu Tahu, 7 Etika Makan Bersama Saat Rayakan Imlek Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld
Jakarta -

Merayakan Imlek rasanya tak lengkap tanpa makan bersama keluarga. Untuk menghargai tuan rumah, tujuh etika makan keluarga saat Imlek ini perlu diketahui.

Perayaan tahun baru China atau Imlek identik dengan waktu yang hangat bersama keluarga. Makan bersama seolah emnjadi tradisi yang tak boleh untuk dilewatkan.

Ketika makan bersama keluarga besar sudah seharusnya memperhatikan etika agar tetap sopan dan menghormati orang yang lebih tua. Terlebih ketika diundang untuk makan bersama pada rumah salah satu sanak keluarga.

Ada beberapa etika yang harus diperhatikan saat menerima undangan makan bersama keluarga. Mulai dari posisi duduk di meja makan hingga etika saat akan memulai makan.

Baca juga: 5 Tips Diet Ini Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Berikut ini 7 etika makan saat Imlek yang dirangkum melalui beberapa sumber:

Kamu Perlu Tahu, 7 Etika Makan Bersama Saat Rayakan Imlek IniSaat makan bersama keluarga, biarkan orang yang paling dituakan makan terlebih dahulu. Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

1. Jangan makan pertama

Saat memulai makan, jangan pernah menyentuh makanan terlebih dahulu sebelum orang yang dituakan pada ruangan tersebut menyentuh makanannya. Secara tradisi, kebiasaan ini bermaksud untuk menghargai mereka yang lebih tua atau yang memiliki posisi tertinggi.

Kebanyakan orang tua di Asia biasanya akan menyuruh anak-anaknya makan terlebih dahulu. Walaupun begitu sebagai orang yang lebih muda tetap tidak dianjurkan untuk makan terlebih dahulu.

2. Jangan sembarang meletakkan sumpit

Ketika makan menggunakan sumpit, kamu harus memerhatikan cara meletakkannya dengan benar. Sumpit hanya boleh digunakan untuk mengambil makanan dan menyuapi makanan ke dalam mulut.

Jangan pernah sekali-kali menggunakan sumpit untuk menunjuk kepada seseorang atau sesuatu. Sumpit yang sedang tidak digunakan juga tidak boleh ditancapkan ke atas nasi dan sebaiknya diletakkan dalam kondisi berbaring di atas mangkuk.

3. Perhatikan posisi siku

Saat makan bersama, ada etika tidak tertulis yang mengharuskan setiap orang memerhatikan posisi anggota tubuhnya dengan baik. Setiap kali makan bersama, pastikan untuk tidak meletakkan siku di atas meja makan atau melewati meja makan.

Ada beberapa faktor yang disebutkan menjadi alasan siku tak boleh menyentuh meja makan. Siku yang berada di atas meja makan dikhawatirkan akan mengganggu area makan orang lain atau akan berbahaya jika meja makannya kurang kokoh.

Etika makan saat Imlek lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Kelezatan Aneka Sajian Imlek, Ada Poon Choi hingga Bebek Panggang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT