Unik! Makan 12 Butir Anggur Jadi Tradisi Tahun Baru di Spanyol

ADVERTISEMENT

Unik! Makan 12 Butir Anggur Jadi Tradisi Tahun Baru di Spanyol

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 01 Jan 2023 11:30 WIB
Masya Allah! Ini Keistimewaan Anggur, Buah yang Disebut 14 Kali dalam Alquran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Radachynskyi
Jakarta -

Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan tahun baru. Seperti di Spanyol, ada tradisi makan 12 buah anggur untuk menyambut tahun baru.

Tahun baru disambut meriah oleh semua orang di seluruh dunia. Biasanya melakukan perayaan yang istimewa. Ada juga yang melakukan pesta di rumah dengan menghadirkan beragam makanan.

Beberapa negara juga memiliki tradisi saat merayakan tahun baru. Sebut saja di negara Spanyol, ada tradisi tahun baru yang unik.

Baca Juga: Liburan di Bali, Fuji Makan Nasi Goreng Rp 2,5 Juta di Beach Club Hotman Paris

SOUTHAMPTON, ENGLAND - SEPTEMBER 28: A grape press is loaded at Exton Park vineyard on September 28, 2022 in Southampton, England. The drought conditions across the South of England this summer have created perfect conditions for UK vineyards, including Exton Park in South Downs national park. The estate produces a range of wines including Pinot Noir, Chardonnay and Pinot Meunier. Most UK winemakers are expecting a bumper crop of grapes in 2022, which is set to be one of the best years to date for the sector. (Photo by Dan Kitwood/Getty Images)anggur (Photo by Dan Kitwood/Getty Images) Foto: Getty Images/Dan Kitwood

Dilansir dari Mashable (30/12), tradisi tahun baru yang dilakukan warga Spanyol adalah makan 12 butir buah anggur. Tradisi ini mereka lakukan agar mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

Buah anggur ini disantap oleh orang Spanyol saat tengah malam menuju pergantian tahun. Tradisi ini sudah dilakukan sejak abad ke-19.

Menurut Atlas Obscura, 12 butir buah anggur menandakan 12 bulan dalam setahun. Mereka akan makan satu buah anggur pada setiap bunyi lonceng.

Orang Spanyol juga menyantap buah anggur itu di bawah meja dan harus menggunakan pakaian berwarna merah. Jika tidak dapat menghabiskan buah anggur pada saat lonceng berakhir, makan akan menghadapi kesialan di tahun baru.

Baca Juga: Terinspirasi dari Nama Artis, 10 Penjual Ini Tulis Spanduk Nyeleneh

Tradisi makan buah anggur di malam tahun baru ini banyak ditunjukkan dalam beberapa video TikTok. Seperti yang dilakukan oleh pengguna TikTok dengan akun @groovygrampa21.

Tradisi tahun baru makan 12 anggur di SpanyolTradisi tahun baru makan 12 anggur di Spanyol Foto: TikTok

Tradisi tahun baru lain yang kerap dilakukan oleh orang Spanyol adalah makan kacang lentil. Lentil diibararkan seperti uang koin yang bisa mendatangkan keberuntungan.

Negara lain juga memiliki tradisi tahun baru yang berkaitan dengan makanan. Seperti di Jepang ada tradisi menyantap mochi dengan kuah panas. Sayangnya, tradisi ini kerap membuat orang lain tersedak sampai masuk ke rumah sakit.

Baca Juga: 5 Pedagang Makanan yang Tampan dan Cantik Ini Viral Sepanjang 2022



Simak Video "Geliat Produsen Sale Pisang Anggur di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT