Mengandung Alkohol tetapi Miso tetap Halal Dikonsumsi, Ini Penjelasannya!

ADVERTISEMENT

Mengandung Alkohol tetapi Miso tetap Halal Dikonsumsi, Ini Penjelasannya!

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 30 Des 2022 10:30 WIB
Miso mengandung alkohol tetapi halal dikonsumsi
Foto: iStock
Jakarta -

Terbuat dari proses fermentasi membuat miso mengandung alkohol. Meskipun begitu miso tetap halal dikonsumsi, mengapa? Ini penjelasannya.

Miso adalah bahan makanan asal Jepang yang terbuat dari proses fermentasi rebusan kedelai, beras, gandum, jelai, gandum hitam, haver, dan serealia yang lain dengan garam.

Bahan baku, resep dan lama fermentasinya mempengaruhi rasa, aroma dan warna miso. Kebanyak pasta miso berwarna krem kekuningan, coklat muda, coklat tua dan ada juga yang kehitaman.

Tekstur miso creamy seperti selai kacang. Dari proses fermentasi itulah yang membuat miso menghasilkan hasil sampingan berupa alkohol atau etanol.

Baca Juga: Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya Dibatasi

Miso mengandung alkohol tetapi halal dikonsumsiMiso mengandung alkohol tetapi halal dikonsumsi Foto: iStock

Karenanya, proses fermentasi pada miso banyak disebut sebagai titik kritik kehalalan miso. Meskipun begitu, miso tetap halal dikonsumsi seperti yang dikutip dari Halal MUI (27/12/22).

Menurut Fatwa MUI Nomor 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol menyebutkan bahwa produk makanan hasil fermentasi yang mengandung alkohol/etanol hukumnya halal, selama dalam prosesnya tidak menggunakan bahan haram dan apabila secara medis tidak membahayakan.

Hal ini juga dijelaskan lebih lanjut oleh Corporate Secretary Manager of LPPOM MUI, Raafqi Ranasasmita. Ia mengatakan bahwa pada dasarnya pasta miso yang berasal dari fermentasi bahan nabati pada dasarnya halal.

Jika proses fermentasinya tidak dicampurkan dengan bahan-bahan yang bisa mengandung alkohol atau haram lain dan konsumsinya dipastikan tidak membahayakan, maka pasta miso tidak masuk dalam produk fermentasi kategori haram.

Baca Juga: Rasulullah SAW Melarang Makan dan Minum Sambil Bersandar, Ini Alasannya!

Miso mengandung alkohol tetapi halal dikonsumsiMiso mengandung alkohol tetapi halal dikonsumsi Foto: iStock

"Pasta miso memang produk dari proses fermentasi, namun tidak semua produk yang melalui proses fermentasi akan menghasilkan produk haram. Adapun produk fermentasi yang masuk kategori haram adalah yang menghasilkan minuman alkohol atau yang biasa disebut dengan khamr,".

"Hal ini juga sejalan dengan riset LPPOM MUI yang menunjukkan bahwa buah-buahan secara alami juga mengandung etanol, sehingga tidak dihukumi haram," ujar Raafqi.

Namun tetap saja, pasta miso tetap bisa memiliki titik kritik jika dalam proses fermentasi atau hasil akhirnya dilakukan sterilisasi dengan penambahan khamr dan beberapa hal.

Seperti bumbu tertentu, protein terhidrolisis dan pemanis. Jadi, sebelum membeli produk miso di pasaran sebaiknya cek sertifikasi halalnya melalui website www.halalmui.org atau aplikasi Halal MUI yang dapat diunduh di Google Playstore.

Baca Juga: Mie Gacoan Belum Dapat Sertifikasi Halal, Ini Hukum Mengonsumsinya dalam Islam



Simak Video "Menikmati Bakmi Kering Haji Aman di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT