Siasati Belanja Bulanan hingga Rela Makan Murah Demi Berhemat

ADVERTISEMENT

Trik Hemat Budget Makanan

Siasati Belanja Bulanan hingga Rela Makan Murah Demi Berhemat

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 07 Des 2022 15:00 WIB
Uang belanja
Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menghemat uang makan sehari-hari, beberapa orang ini memiliki trik tersendiri. Bahkan sampai ada yang rela makan nasi dan garam demi bisa beli rumah.

Makanan merupakan kebutuhan pokok, karenanya salah satu pengeluaran terbesar dalam yang belanja diperuntukkan untuk kebutuhan makan sehari-hari. Mengatur uang makan pun jadi tantangan tersendiri.

Terutama bagi ibu rumah tangga yang biasa berkutik dengan uang belanja untuk makan. Melalui media sosial, banyak juga ibu rumah tangga yang membagikan trik untuk menghemat uang belanja dan makan.

Seperti yang dibagikan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Feti Ira melalui video TikTok @feti_ira36. Dalam videonya tersebut ia membagikan trik uang belanja Rp 700 ribu per bulan.

Baca Juga: Sebut Uang Rp 20.000 Cukup untuk Belanja Masakan, Pria Ini Dimarahi Emak-emak

Uang belanjaMakanan merupakan kebutuhan pokok, karenanya salah satu pengeluaran terbesar dalam yang belanja diperuntukkan untuk kebutuhan makan sehari-hari. Foto: iStock

Dalam sehari, Feti hanya menghabiskan Rp 10 ribu untuk berbelanja bahan masakan. Dan itu sudah lengkap mulai dari sayuran, lauk dan makanan pelengkap seperti tempe dan tahu.

Menu yang dimasak pun beragam setiap harinya. Ada sayur sop, sayur asem, sayur bayam, ikan balado, ayam goreng dan lainnya. Semua dimasak dalam porsi yang cukup untuk dua orang.

Trik hemat uang makan juga kerap menjadi tantangan bagi anak kos yang tinggal sendiri. Lewat video TikTok, seorang anak kos memberikan trik belanja Rp 25 ribu untuk 3 hari.

Trinya adalah membeli bahan-bahan masakan secukupnya untuk kemudian di stok selama 3 hari. Dengan begitu pengeluaran untuk tidak akan membengkak.

Baca Juga: Demi Hemat Rp 1,8 Juta per Minggu, Keluarga Ini Rela Cari Makan di Hutan

Beri Tips Hemat Belanja Rp 50.000 Seminggu, Pria Ini Dinyinyirin Emak-emakMengatur uang makan pun jadi tantangan tersendiri. Foto:iStock

Menghemat uang belanja ada yang dilakukan dengan ekstrim. Seperti yang dilakukan oleh seorang imigran asal Bangladesh yang bekerja di Malaysia. Ia rela hanya makan nasi dan garam demi bisa menghemat.

Selama 19 tahun bekerja, gaji yang didapat selalu dikirimkan ke keluarga di Bangladesh untuk membeli rumah. Dari gaji per bulannya Rp 19,4 juta, ia hanya menggunakan Rp 1 jutaan untuk kebutuhan hariannya.

Dari hasil berhematnya tersebut ia berhasil membeli rumah seharga Rp 2 M. Rupanya trik ekstrem ini juga sering dilakukan oleh banyak orang. Di China juga seorang wanita yang rela makan mie setiap hari.

Dari hasil menabungnya tersebut ia berhasil membeli 3 unit rumah. Nah, dalam ulasan detikFood kali ini, kami akan membahas seputar trik hemat uang makan. Jadi, simak terus detikFood ya!.

Baca Juga: Demi Beli Rumah Rp 2 M, Pria Ini Rela Hanya Makan Nasi Pakai Garam



Simak Video "Bikin Laper: Mie Ayam Bejo Super Endul"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT