5 Pisang Goreng Nusantara dari Manado hingga Banjar

ADVERTISEMENT

Krenyes Renyah Gorengan Ndeso

5 Pisang Goreng Nusantara dari Manado hingga Banjar

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 07 Des 2022 08:00 WIB
5 Pisang Goreng Tradisional  Populer dari Berbagai Daerah Indonesia
Foto: iStock
Jakarta -

Pisang goreng sudah menjadi kudapan favorit masyarakat Indonesia sejak dulu kala. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki pisang goreng khas tersendiri.

Kerap disebut sebagai jajanan rakyat, pisang goreng justru jadi camilan favorit orang Indonesia. Pisang goreng biasa dimakan sebagai menu sarapan sambil menyeruput kopi dan teh.

Ada banyak jenis pisang yang digunakan untuk membuat pisang goreng. Mulai dari pisang tanduk, pisang kepok hingga pisang raja. Pisang tersebut dibalut tepung dan digoreng.

Di Indonesia, ada banyak varian pisang goreng nusantara dari berbagai daerah. Berikut 5 pisang goreng tersebut:

1. Limpang Limpung

Limpang limpung adalah jenis pisang goreng yang cara membuatnya dipotong tipis-tipis khas Jawa. Cara itu agar aroma pisangnya menyebar hingga ke dalam adonan tepung.

Tak sedikit juga yang membuat adonan pisang goreng limpang limpung dengan tambahan susu dan telur. Biasanya jenis pisang yang digunakan adalah pisang raja.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Keriting yang Kriuk Renyahnya Nagih

2. Pisang Goreng Pasir

5 Pisang Goreng Tradisional  Populer dari Berbagai Daerah IndonesiaTak kalah unik ada juga jenis pisang goreng yang disebut pisang goreng pasir. Foto: Instagram @lestarisahidin

Tak kalah unik ada juga jenis pisang goreng yang disebut pisang goreng pasir. Pisang goreng ini sama seperti pisang goreng pada umumnya, hanya saja dibalut dengan tepung panir atau tepung roti.

Dengan tepung tersebut ketika digoreng tekstur seperti krokret dan berpasir. Jenis pisang yang digunakan untuk pisang goreng pasir adalah pisang kepok.

3. Pisang Goreng Kipas

5 Pisang Goreng Tradisional  Populer dari Berbagai Daerah IndonesiaPisang goreng kipas ini merupakan jajanan khas Pekanbaru, Pontianak dan Riau. Foto: Instagram @hanhanny

Mungkin pisang goreng kipas sudah banyak didengar orang. Pisang goreng kipas ini merupakan jajanan khas Pekanbaru, Pontianak dan Riau. Sesuai dengan namanya, bentuk pisang goreng ini seperti kipas.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang tidak terlalu matang. Pisang tersebut diiris memanjang tanpa putus di bagian ujungnya. Pisang goreng ini digoreng dengan kremesan yang renyah.

Baca Juga: Pisang Goreng 'Hihang Hoheng' Viral, Ini Cerita Sang Penjual



Simak Video "Bikin Laper: Sensasi Makan Pisang Goreng Pakai Sambal Roa "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT