Harga Durian Musang King Terendah dalam 4 Tahun, Hanya Rp 114 Ribu/Kg

ADVERTISEMENT

Harga Durian Musang King Terendah dalam 4 Tahun, Hanya Rp 114 Ribu/Kg

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 06 Des 2022 12:30 WIB
Liqueur Durian Musang King
Foto: Istimewa
Jakarta -

Durian Musang King terkenal dengan harga mahal, namun di Singapura kini harganya sedang paling rendah dalam 4 tahun terakhir. Per kilogram (kg) durian manis legit ini dibanderol hanya Rp 114 ribu!

Pencinta durian pasti sudah tidak asing dengan durian Musang King. Durian populer di Singapura dan Malaysia ini memiliki tekstur lembut, creamy, dan tidak berserat. Rasanya manis legit dengan sedikit semburat pahit.

Berkat keistimewaan ini, harga durian Musang King termasuk mahal, apalagi ketika sudah diimpor. Di Indonesia, harganya bervariasi mulai dari Rp 400 ribuan per kotak dalam kondisi beku hingga jutaan rupiah untuk satu buah durian utuh.

Harga Durian Musang King Terendah dalam 4 Tahun, Hanya Rp 114 Ribu/KgPasokan durian Musang King tengah berlimpah. Foto: Must Share News

Dibanding durian lain, harga durian istimewa ini juga lebih mahal termasuk di negara tempat banyak durian ini ditemukan yaitu Singapura dan Malaysia. Namun berkat stok melimpah, harga durian Musang King tengah mengalami perubahan.

Mengutip Must Share News (5/12), harga durian Musang King dalam posisi terendah alias termurah selama 4 tahun terakhir. Untuk kualitas paling juara saja, dibanderol SGD 10 (Rp 114.000an) per kg.

Para penjual durian melaporkan panen akhir tahun begitu melimpah. Hal ini lantaran periode panen di Johor dan Pahang berlangsung bersamaan. Cuacanya juga tengah maksimal dalam mendukung proses penanaman durian.

Harga Durian Musang King Terendah dalam 4 Tahun, Hanya Rp 114 Ribu/KgDurian Musang King dijual Rp 114 Ribu saja per kilogram. Foto: Must Share News

Lalu demi menyesuaikan pasokan yang melimpah itu, harga durian pun mengalami penurunan. Perubahan ini bahkan lebih besar karena pada musim durian tahun-tahun sebelumnya menghasilkan pasokan yang lebih sedikit sehingga mendorong harga naik.

Kepada Shin Min Daily News, pemilik toko Top Durian Station di Bukit Batok bernama Mr Cai mengungkap harga durian Musang King hanya SGD 10 dalam rangkaian promosi baru-baru ini. "Ini adalah harga terendah dalam 4 tahun terakhir," ungkapnya.

Ia mengaku membeli pasokan durian ini dalam harga rendah, yang berarti harga lebih murah juga untuk dia jual ke pelanggan. Sebagai perbandingan, pada tahun-tahun sebelumnya, harga terendah durian Musang King di kisaran SGD 12 (Rp 137.000).

Harga Durian Musang King Terendah dalam 4 Tahun, Hanya Rp 114 Ribu/KgHarga durian Musang King ini merupakan yang terendah dalam 4 tahun. Foto: Must Share News

Mr Tan, penjual durian di Chong Pang mengatakan pada Shin Min Daily News kalau banyak orang tidak sadar bahwa sekarang sedang musim durian. Mereka melihat jumlah pelanggan 40% lebih sedikit dibanding ketika musim durian pada pertengahan tahun.

Karena pasokan sedang tinggi, namun permintaan rendah, pihaknya melakukan strategi impor. Mr Tan tidak mengimpor dalam jumlah banyak saat ini.

Dalam sekitar seminggu, musim durian juga akan mencapai puncaknya. Mr Tan memperkirakan harganya akan semakin jatuh. Diperkirakan bisa setengahnya yaitu hanya SGD 5 (Rp 57.000an).



Simak Video "Durian Mentega di Lumajang Tawarkan Sensasi Manis Legit"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT