Pedas Gurih Nasi Ayam Bu Oki, Wajib Dicicip Saat Liburan di Bali

ADVERTISEMENT

Pedas Gurih Nasi Ayam Bu Oki, Wajib Dicicip Saat Liburan di Bali

Odilia WS - detikFood
Minggu, 04 Des 2022 09:30 WIB
Nasi Ayam Bu Oki Bali
Foto: Detikfood
Jakarta -

Nasi rames khas Bali ini cocok dinikmati untuk sarapan atau makan siang. Racikan lauk khas Bali dengan harga terjangkau membuat warung ini laris manis.

Mencari sarapan yang sedap khas Bali cukup mudah apalagi yang halal. Nasi campur atau nasi ayam khas Bali bisa jadi pilihan tepat. Ada banyak penjual nasi campur yang tidak memakai daging babi sama sekali, hanya daging ayam saja.

Salah satu yang terkenal nasi ayam bu Oki ada di kawasan Jimbaran dan Nusa Dua. Sejak pukul 7 pagi warung sudah dipadati antrean pembeli dan ojek online. Jika mau menyantap di tempat juga tersedia meja dan kursi di sisi dalam warung.

Detikfood menyambangi warung nasi ayam bu Oki yang ada di Jl. Celagi Basur No.3Y, .Jimbaran. Ukurannya lebih kecil dari yang ada di kawasan Nusa Dua. Tetapi tetap sama dipadati pembeli, meskipun sudah jam 09.00 pagi. Gaya penyajian dan cara memesan juga sama dengan di Nusa Dua.

Nasi ayam Bu Oki dan Nasi Pedas Ibu AndikaNasi ayam Bu Oki Foto: (Syanti/detikcom)

Di sisi kiri warung ada etalase kaca tempat menaruh beragam lauk-pauk yang menjadi pelengkap nasi campur. Ayam betutu dan ayam goreng yang sudah disuwir, lawar kacang panjang, sate lilit, telur pindang dan telur pindang serta beberapa jenis sambal.

Seperti nasi Bali umumnya, nasi putih disajikan dengan lauk-pauk yang mengelilinginya. Ada suwiran ayam goreng, ayam betutu, urap atau lawar kacang panjang, sambal matah, sate lilit dan sambal. Yang unik, ada siraman kuah ayam betutu yang gurih pedas aromanya.

Jika di warung nasi ayam Bali lain ada yang diberi taburan kulit ayam goreng, di sini tidak ada. Tetapi rasanya boleh diadu. Pengalaman puluhan tahun bu Oki merintis usaha ini dari jualan keliling kaki lima tak diragukan lagi.

Dalam satu suapan akan terasa gurih renyah suwiran ayam goreng dan urap kacang panjang yang renyah. Ada selingan ayam betutu yang empuk dan basah terendam kuahnya.

Sambal mbe nasi ayam bu Oki BaliSambal mbe nasi ayam bu Oki Bali Foto: Dok.detikfood

Sementara sate lilitnya padat, empuk dan terasa kuat bumbunya. Kalau suka pedas, sambal matah dan sambal mbe yang diracik dari irisan bawang merah dan cabe rawit sudah pasti akan membuat dahi berkeringat. Pedas nikmat!

Taburan kacang goreng dan telur pindang yang gurih bisa jadi selingan. Membuat tak bisa berhenti mengunyah hingga nasi licin tandas. Satu porsi nasi ayam lengkap dibanderol seharga Rp 25.000.

Di cabang Jimbaran tak banyak jenis kerupuk dan keripik yang tersedia untuk pelengkap menyantap nasi ayam ini. Kamu bisa memesan nasi ayam dengan tingkat kepedasan, tidak pedas, sedang atau pedas.

Warung nasi ayam bu Oki sudah ada beberapa cabang di Bali, selain di Jimbaran ada juga di Nusa Dua, Tuban Kuta, Unggasan dan Sanur. Semua warung ini buka jam 08.00 - 20.00. Kamu juga bisa memesan lewat aplikasi online.



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Campur Bali Enak yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT