Estetik! Teh Artisan Dibuat dengan Kayu Manis dan Bunga Telang

ADVERTISEMENT

Estetik! Teh Artisan Dibuat dengan Kayu Manis dan Bunga Telang

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 03 Des 2022 17:30 WIB
Estetik! Teh Artisan Dibuat dengan Kayu Manis dan Bunga Telang
Foto: Instagram @seduhpertama
Jakarta -

Teh adalah minuman berkhasiat untuk kesehatan. Rupanya, manfaatnya lebih dari itu karena kini teh yang dikemas dengan estetik bisa jadi wadah untuk berbagi kehangatan.

Tak hanya kopi, teh juga merupakan minuman yang banyak digemari karena punya khasiat yang menguntungkan bagi kesehatan. Sifatnya tinggi antioksidan, mengurangi kolesterol, hingga membantu menurunkan berat badan.

Biasanya jenis teh yang hadir di pasaran punya rasa dan tampilan yang biasa saja, namun kini ada teh yang dikemas dengan tampilan menarik serta memiliki beberapa varian yang dikombinasikan dengan bahan lainnya. Misalnya teh yang ditawarkan Seduh Pertama.

Pada masa pandemi Covid-19, banyak orang mengubah gaya hidupnya menjadi lebih baik dengan berhenti minum-minuman manis dan beralih ke minuman sehat, salah satunya teh. Teh juga menjadi minuman yang sekaligus meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus pada saat itu.

Terlebih dengan adanya pembatasan ruang gerak membuat mereka sulit untuk menjalin silaturahmi secara langsung. Dengan faktor tersebut, akhirnya Alvi Faidaturrosyida selaku pendiri Seduh Pertama melihat peluang bisnis untuk bisa menghadirkan minuman teh yang dikemas dengan cantik untuk dijadikan hampers atau pemberian hadiah ke orang-orang dekat.

"Seduh Pertama dari tahun 2020 itu pandemi baru banget menghantam. Saya melihat ada potensi dimana orang membutuhkan immune booster dan minuman yang baik untuk melawan virus. Saya lihat kalau teh itu cocok untuk meningkatkan imun ditambah bisa menangkal radikal bebas. Dari situ saya melihat juga orang itu sekarang lebih banyak kirim bingkisan, akhirnya menghadirkan teh yang dibuat dengan produk hampers agar lebih mudah dikirim ke teman saudara," ucap Alvi pada acara Seller Story Shopee (02/12).

Untuk menambah nilai estetika yang kerap dicari banyak orang saat ini, Seduh Pertama mengemas tehnya dalam kemasan yang praktis dan punya desain unik.

Seperti hampers yang didesain khusus untuk Natal dan tahun baru dengan dominasi warna hijau merah. Ada juga varian City Series yang kemasannya didesain dengan gambar beberapa negara di dunia.

Estetik! Teh Artisan Dibuat dengan Kayu Manis dan Bunga TelangBeberapa macam hampers yang disediakan oleh seduh pertama. Pelanggan juga bisa request hampers dan isinya. Foto: Instagram @seduhpertama

Berbicara mengenai teh, Alvi melakukan inovasi unik dengan menawarkan artisan tea. Alvi pun menghadirkan beberapa kombinasi herbal mulai dari kayu manis, cengkeh, bunga telang yang semua bahan-bahannya diambil dari petani lokal.

"Bahan baku sebagian besarnya dari petani lokal dan ada juga yang impor. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan nilai estetika. Ada kayu manis, bunga telang, rosela, dari situ dikombinasikan misalnya teh ditambah kayu manis cengkeh," pungkasnya.

Estetik! Teh Artisan Dibuat dengan Kayu Manis dan Bunga TelangAda beberapa macam artisan tea yang menggabungkan teh dengan tambahan bahan lain salah satunya bunga. Foto: Instagram @seduhpertama

Tentunya semua bahan-bahan yang dipakai pun sudah dipilih mana yang terbaik. Seperti yang diungkap oleh Alvi, "Kami ingin yang benar-benar terbaik, kami seleksi mana petani yang bisa membuat produksi teh yang paling baik. Kami juga cari tahu cara bagaimana cara menyimpannya agar selalu fresh."

Artisan tea ini bukan hanya menjadi ciri khas produk dari Seduh Pertama, melainkan Alvi juga ingin memberikan manfaat lebih dari kombinasi teh tersebut. Salah satunya seperti varian The Sleeping Beauty yang terdiri dari teh dengan kelopak bunga Chamomile dan bunga Lavender yang memberikan manfaat ketenangan serta efek relaksasi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Dalam menjalankan bisnis teh yang baru berusia 2 tahun ini, Alvi selaku founder cukup merasa kesulitan. Mereka alami kendala memprediksi keinginan pasar dan terkadang harus menghadapi situasi dimana permintaan pelanggan terhadap suatu produk tinggi tetapi stok yang tersedia sedikit, atau sebaliknya.

Estetik! Teh Artisan Dibuat dengan Kayu Manis dan Bunga TelangTeh yang mereka tawarkan bukan hanya sekedar menambah estetika, tetapi juga punya manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Foto: Instagram @seduhpertama

Terlepas dari hal tersebut, Seduh Pertama berhasil mempertahankan bisnis produk tehnya hingga saat ini. Mereka juga dimudahkan dengan adanya kolaborasi bersama Shopee sebagai platform e-commerce yang memadai penjualan mereka.

Banyak pelanggan Seduh Pertama yang lebih sering membelinya lewat e-commerce ini. Keberhasilan Seduh Pertama menjadi Shopee Mall juga dirasa sangat memberikan keuntungan dalam mengambil kepercayaan kustomer.

"Apalagi dibantu juga untuk ke shopee mall. Jadi kustomer bener-bener percaya dengan merek ini. Dengan adanya bantuan jadi menambah 'trusted' kustomer ke Seduh Pertama," ucap founder Seduh Pertama ini.

Pada hari puncak 12.12 mendatang, Seduh Pertama tentu akan menawarkan promo menarik. Selain promo yang ditawarkan oleh Shopee, mereka juga akan memberikan promo sendiri untuk menambah daya tarik kustomer.

Kedepannya Seduh Pertama berharap bisa terus menjawab kebutuhan dan permintaan konsumen dengan produk artisan tea miliknya. Alvi juga berharap produknya bisa dijual di beberapa gerai kedai kopi atau retail shop serta bisa diekspor ke luar negeri.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT