Sajikan Menu Asia-Western, Resto Ini Hasilkan Omzet Rp 85 Juta

ADVERTISEMENT

Sajikan Menu Asia-Western, Resto Ini Hasilkan Omzet Rp 85 Juta

Danica Adhitiawarman - detikFood
Rabu, 30 Nov 2022 17:54 WIB
Udang saus asam manis
Foto: dok. Instagram/@netracaferesto
Jakarta -

Bisnis kuliner terbilang menjanjikan karena sesuai dengan kebutuhan manusia yang memerlukan makanan dan minuman setiap hari. Walau demikian, masih ada pemilik usaha kuliner yang tidak berhasil menonjolkan produk mereka karena menawarkan menu yang itu-itu saja seperti kebanyakan usaha lainnya.

Hal ini menjadi keresahan pemilik usaha kuliner Netra Cafe & Resto, Dhea Suci Dwilipita. Ia merasa cafe dan resto di daerah tempat tinggalnya tidak memiliki ciri khas menu serta rasa masakan atau minuman yang disajikan tidak begitu istimewa.

"Dimulai ketika melihat usaha kuliner di daerah saya tidak memiliki satupun ciri khas, minuman yang rasanya biasa-biasa saja, makanan yang rasanya biasa-biasa saja, menu yang biasa-biasa saja. Bahkan jikalau pun ada usaha sejenis yang baru buka, menunya itu-itu saja," ujar Dhea dalam keterangan tertulis, Rabu (30/11/2022).

Dari keresahan tersebut, Dhea termotivasi untuk menciptakan perubahan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, melalui usaha kulinernya. Ia merancang cafe dan resto yang berbeda dari segi menu, pelayanan, hingga manajemen usaha.

"Kami bertekad memajukan kualitas standar rasa, pelayanan bahkan termasuk manajemen usaha sejenis yang bisa terkesan ikut-ikutan," ungkapnya.

Dhea sangat yakin bahwa Netra Cafe & Resto memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh usaha serupa, termasuk cabang franchise yang baru membuka cabang di daerahnya. Ia mengatakan menu-menu yang dijualnya selalu dijadikan referensi oleh usaha lain di bidang yang sama.

"Menu-menu yang kami jual sampai saat ini, selalu menjadi bahan contoh oleh tim produksi di usaha lain di bidang yang sama. Saat ini kami bersaing dengan salah satu franchise ternama di Indonesia yang baru membuka cabangnya di daerah kami," ucapnya.

Netra Cafe & Resto menawarkan banyak jenis masakan dari berbagai belahan dunia. Dari makanan khas Nusantara, Asia, hingga Western. Selain itu, terdapat berbagai rangkaian minuman yang menggugah selera yang di antaranya teh, susu, jus buah, dan kopi.

Dhea berhasil mewujudkan tekadnya dengan usaha kuliner yang digemari pengunjung. Ia bisa menjual ribuan packs dan menghasilkan omzet puluhan juta per bulannya.

"Rata-rata total jumlah menu yang terjual adalah 2.000 packs hingga 4.000 packs per bulannya dengan nominal omzet terendah berada di angka 45 juta hingga 85 juta per bulannya. Saat peak season (tahun baru dan bulan puasa), hasilnya bisa 2 kali lipat daripada bulan-bulan reguler," pungkasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT