5 Fakta Cacing Tembiluk yang Lezat dan Bisa Dongkrak Kejantanan Pria

ADVERTISEMENT

5 Fakta Cacing Tembiluk yang Lezat dan Bisa Dongkrak Kejantanan Pria

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 03 Des 2022 08:00 WIB
Cacing tembiluk
Foto: detikTravel
Jakarta -

Viral di TikTok, seorang kreator yang berburu cacing tembiluk yang bersarang di dalam kayu. Meski terlihat menjijikkan, ternyata tembiluk bisa dimakan.

Seorang kreator konten di TikTok dengan akun @olahanalam, sering membagikan keseruannya saat berburu cacing tembiluk. Ia mengatakan bahwa cacing ini memiliki rasa yang lezat.

Untuk mendapatkan cacing tembiluk tersebut ia bahkan sampai masuk ke dalam muara sungai. Ia mengatakan bahwa cacing tembiluk biasa bersarang di dalam kayu pohon yang sudah membusuk.

Bentuknya seperti cacing tanah, tetapi ukurannya lebih besar. Hal tersebut membuat netizen bergidik melihatnya, apalagi ketika melihat tembiluk dikonsumsi secara mentah-mentah.

Di samping itu banyak juga yang penasaran dengan cacing tembiluk. Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta cacing tembiluk:

1. Hewan Moluska

Cacing tembilukCacing tembiluk atau yang dikenal dengan nama latin Bactronophorus thoracites sebenarnya merupakan hewan moluska. Foto: TikTok @olahanalam

Cacing tembiluk atau yang dikenal dengan nama latin Bactronophorus thoracites sebenarnya merupakan hewan moluska. Hewan moluska adalah hewan tanpa tulang belakang yang lunak.

Karena bentuknya yang seperti cacing, membuat hewan ini populer disebut cacing. Namun ukurannya jauh lebih besar dari cacing tanah. Tulangnya lunak dan warnanya putih pucat.

Baca Juga: Beli Mie Goreng 'Zonk' Via Online, Tampilannya Malah Mirip Cacing

2. Hidup di dalam Batang Kayu

Cacing tembiluk ini hidup di dalam batang kayu lapuk yang biasa terendam di air payau. Nah, cacing ini seperti rayap karena bisa menggerogoti dan memakan batang kayu yang sudah bersentuh dengan air.

Bahkan cacing ini bisa merusak kayu yang digunakan sebagai perahu nelayan. Karenanya, hewan ini kerap dianggap sebagai hama oleh nelayan. Nanti kayu yang di hidup cacing itu akan berlubang.

3. Banyak Ditemukan di Wilayah Timur Indonesia

Cacing tembilukCacing tembiluk banyak ditemukan di wilayan Timur Indonesia. Foto: TikTok @olahanalam

Cacing tembiluk banyak ditemukan di wilayah Timur Indonesia, seperti Papua. Namun tak menutup kemungkinan juga ditemukan di daerah lain Indonesia, seperti Kalimantan hingga Sulawesi.

Selain itu, cacing tembiluk biasa hidup di perairan payau Indo Pasifik Barat. Cacing tembiluk ini banyak ditemukan di pohon bakau.

Ternyata, cacing ini memiliki peran yang penting untuk pohon tembakau. Perannya adalah bisa mengurangi batang pohon bakau yang sudah rusak atau busuk.

Baca Juga: Gegara Temuan Cacing di Menunya, Restoran Ini Ditutup Sementara!



Simak Video "Menjajal Indomie Goreng Viral di Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT