Aduh Segarnya! Ini 5 Tempat Makan Sayur Asem Enak di Tangerang

ADVERTISEMENT

Kuliner Kampung Pinggir Jakarta

Aduh Segarnya! Ini 5 Tempat Makan Sayur Asem Enak di Tangerang

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 02 Des 2022 12:00 WIB
Aduh Segarnya! Ini 5 Tempat Makan Sayur Asem Enak di Tangerang
Foto: detikfood
Jakarta -

Sayur asem di kawasan Tangerang ini terkenal enak. Menikmatinya paling pas dengan nasi hangat dan ayam goreng atau ikan goreng. Dijamin puas!

Sayur asem adalah salah satu menu populer di warung-warung makanan kampung di pinggiran Jakarta. Racikannya ada yang lebih ke arah Betawi ataupun Jawa.

Untuk sayur asem Betawi biasanya memiliki kuah bening dengan cabe dan bumbu digerus kasar. Kadang ditambahkan potongan oncom merah. Sementara sayur asem Jawa, merah dan keruh karena memakai kemiri yang digerus halus.

Sayur asem ini menjadi menu andalan di berbagai warung makan sederhana di pinggiran Jakarta, tak terkecuali Tangerang. Beberapa warung makan bahkan tersohor justru karena kenikmatan sayur asemnya.

Berikut 5 warung makan di Tangerang yang terkenal dengan sayur asemnya yang nikmat:

1. Sayur Asem H. Sadeli

Di kawasan Pabuaran ada tempat makan sayur asem legendaris sejak 1970an. Namanya Sayur Asem H. Sadeli yang dijajakan di tempat makan sederhana, namun selalu ramai pembeli. Sayur asem di sini punya ciri khas rasa manis gurih yang nikmat dan tentu saja dengan sentuhan rasa asam.

Seporsi sayur asem juga diisi berbagai macam isian, dari potongan jagung manis, kacang panjang, labu siam, dan melinjo. Harganya sekitar Rp 10.000 saja. Sayur asem gaya Betawi ini semakin enak dinikmati dengan nasi hangat dan sambal terasi andalan Sayur Asem H. Sadeli.

Warung makan ini juga punya menu lain untuk mendampingi sayur asem. Ada ikan tenggiri goreng yang besar, empuk, dan lembut dagingnya. Pilihan lain berupa pindang kepala bandeng, kepala gurame goreng, dan empal daging sapi.

Sayur Asem H. Sadeli
Jl. Raya Merdeka No.185, RT.005/RW.004, Pabuaran, Kec. Karawaci, Kota Tangerang

2. Sayur Asem H. Masa

Aduh Segarnya! Ini 5 Tempat Makan Sayur Asem Enak di TangerangFoto: detikfood

Membicarakan sayur asem enak di Tangerang Selatan tak bisa meninggalkan Sayur Asem H. Masa yang tersohor sejak 1980an. Sayur asem di sini unik karena diberi tambahan jengkol bewe, kecipir, pare, dan oncom. Racikannya benar-benar khas Betawi!

Di aplikasi ojek online, harga per porsinya kini Rp 14.000. Banyak orang menyukai cita rasa asam segarnya yang pas. Lalu untuk pendamping sayur asem, pengunjung bisa pesan mujair pesmol, semur jengkol, hingga bakwan udang.

Kisaran harga lauk tambahan ini mulai dari Rp 15.000an. Jangan lupa juga pesan sambal mentah yang bisa bikin selera makan makin bertambah!

Sayur Asem H. Masa
Jl. Pd. Jaya No.5, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan
Telepon: 0813-1966-1913

3. Sayur Asem Wati

Masih di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, ada sayur asem yang juga belakangan viral usai diulas YouTuber kuliner terkenal, Nex Carlos. Adalah Sayur Asem Wati yang menawarkan sayur asem dengan konsep unik.

Pengunjung bisa makan sepuasnya, termasuk dengan nasi dan lauk masakan kampung, hanya dengan membayar Rp 25.000. Pilihannya ada telur dadar, tumis daun pepaya, tumis oncom, tumis tauge, lalapan, dan banyak lainnya.

Bisa juga beli menu satuan via ojek online. Yang bikin rasanya spesial, semua menu di sini masih dimasak dengan kayu bakar. Tak heran kalau semua menu Sayur Asem Wati bisa ludes terjual dalam 1 jam saja.

Sayur Asem Wati
Jl. Nn No.5, Parigi Baru, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan
Telepon: 0812-1267-9799

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT