Manis Enak! Ini 5 Mangga dari Jawa Timur yang Istimewa Rasanya

ADVERTISEMENT

Manis Enak! Ini 5 Mangga dari Jawa Timur yang Istimewa Rasanya

Aulia Miftahul Zanah - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 10:30 WIB
Thai mango fruit (Nam Dok Mai) in basket on wooden background, Tropical fruit in summer season
Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20
Surabaya -

Mangga adalah buah tropis yang jamak ditemui di Indonesia. Dari Jawa Timur, ada 5 jenis mangga yang manis enak dan layak dicoba. Ini daftarnya!

Julukan "Kota Mangga" memang disematkan untuk Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, namun mangga mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Di Jawa Timur, misalnya, terdapat banyak jenis mangga yang menarik dicoba.

Mangga-mangga ini punya profil tekstur dan rasa yang istimewa. Jenisnya ada mangga alpukat hingga mangga manalagi.

Berikut 5 mangga dari Jawa Timur yang manis enak:

1. Mangga alpukat

mangga alpukatMangga alpukat lebih identik dengan Kabupaten. Mangga jenis ini memiliki cita rasa manis dan aroma yang memikat. Foto: Istimewa

Mangga alpukat lebih identik dengan Kabupaten Pasuruan. Mangga jenis ini memiliki cita rasa manis dan aroma yang memikat.

Yang membedakan mangga alpukat dengan mangga yang lain adalah cara memakannya. Anda cukup memotong bagian tengahnya, lalu memutarnya. Bijinya mudah terpisah dengan daging buah. Tekstur daging buahnya sangat lembut menyerupai alpukat.

Mangga alpukat dipatenkan pada 2016 oleh Kementerian Pertanian. detikers yang penasaran ingin mencobanya, bisa berkunjung langsung ke Kecamatan Rembang, Pasuruan.

2. Mangga arumanis

Meski namanya ada manis-manisnya, rasa mangga ini tidak sepenuhnya manis. Cita rasa mangga ini disusul rasa khas sedikit pahit.

Mangga arummanis banyak ditemui di Probolinggo. Dari mentah hingga matang, kulit buahnya tetap berwarna hijau.

3. Mangga golek

Thai mango fruit (Nam Dok Mai) in basket on wooden background, Tropical fruit in summer seasonSalah satu mangga khas jawa timur yaitu mangga golek yang punya buah lebih oranye. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning2Ω

Mangga golek banyak ditemui di Pasuruan dan Probolinggo. Arti kata golek yakni mencari. Sebab, orang yang mencicipi mangga ini akan ketagihan dan mencarinya lagi.

Mangga golek memiliki ukuran yang lebih panjang. Mangga ini memiliki daging buah sedikit oranye. Untuk rasanya, mangga golek terbilang manis dengan sedikit rasa asam.

4. Mangga madu

Meski belum matang, mangga madu tetap manis. Daging buahnya berwarna krem dan ada bintik-bintik oranye di bagian tengah.

Konon nama madu disematkan karena rasa manisnya kuat seperti madu. Mangga madu punya kandungan vitamin C tinggi yang bermanfaat baik untuk kesehatan.

5. Mangga manalagi

Resep Bubur Susu dan ManggaMangga manalagi juga bisa dikreasikan agar seperti ini. Foto: Detikfood

Satu lagi mangga dari Jawa Timur yang rasanya istimewa, mangga manalagi. Kulit mangga ini berwarna hijau dan sedikit kuning di bagian atasnya. Ada juga bintik-bintik semburat warna putih.

Buah mangga ini banyak ditemukan dari Probolinggo. Daging buah manalagi terkenal tebal dengan serat yang amat halus. Kandungan airnya juga cenderung lebih sedikit.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.



Simak Video "Menyantap Rujak Cingur dengan Suasana Seperti di Rumah Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT