Daftar Nama Makanan yang Paling Sering Bikin Bingung Pelafalannya

ADVERTISEMENT

Daftar Nama Makanan yang Paling Sering Bikin Bingung Pelafalannya

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 29 Nov 2022 15:30 WIB
Daftar Nama Makanan yang Paling Sering Bikin Bingung Pelafalannya
Foto: Getty Images/StefaNikolic
Jakarta -

Beragam nama makanan di dunia sering kali membuat orang bingung menyebutkannya. Studi mengungkap nama-nama makanan yang paling sering bikin orang bingung dalam melafalkannya.

Menyebutkan nama-nama makanan tradisional untuk warga lokal bukan perkara sulit, tapi tidak untuk makanan dari luar negeri. Menyebutkan nama makanan ini bisa jadi membingungkan.

Nama makanan yang berasal dari bahasa sebuah negara bisa jadi disebutkan berbeda di negara lain. Tak jarang, seseorang lantas mencari di internet mengenai cara tepat melafalkan nama tersebut.

Hal inilah yang mendasari studi yang dilakukan Word Tips. Mereka mencari tahu nama makanan apa saja yang paling sering dicari cara pelafalannya oleh orang-orang di dunia.

Mengutip Foodbeast (20/11), Word Tips memakai data dari Forvo pada Agustus 2022, perpustakaan pelafalan online. Mereka juga melihat nama-nama makanan dari 130 negara yang ada di TasteAtlas.

Word Tips lalu melihat daftar nama makanan dan minuman dengan jumlah pendengar terbanyak. Hal ini menandakan bahwa banyak orang ragu hingga mencari tahu bagaimana cara tepat melafalkan makanan tersebut.

Daftar Nama Makanan yang Paling Sering Bikin Bingung PelafalannyaBanyak orang mencari tahu pelafalan nama chorizo yang tepat. Foto: Getty Images/StefaNikolic

Nomor pertama ditempati chorizo, sosis babi populer asal Semenanjung Iberia. Sebanyak 22 juta orang mendengarkan cara pelafalan "chorizo" di Forvo.

Hal ini tak mengherankan sebab ada variasi chorizo di beberapa negara. Di Spanyol, orang-orang menyebutnya "cho ri tho", namun di Amerika Serikat mereka melafalkannya "chur ree zow".

Nomor dua untuk makanan yang sering bikin bingung pelafalannya, rioja. Penyebutan nama wine asal Spanyol ini dicari hingga sudah 1,4 juta kali didengar.

Di Spanyol, huruf 'j' dilafalkan seperti huruf 'h'. Karenanya orang Inggris kerap menyebut minuman ini "ree ock uh", sedangkan orang Amerika menyebut "ree ow huh".

Untuk di Amerika Serikat, siapa sangka nama makanan yang paling bikin bingung pelafalannya adalah burger. Di Forvo, kata ini didengar sampai 886.000 kali.

Panganan asal Jerman ini memang sangat terkenal di dunia. Di beberapa negara, warga setempat menyebutnya dengan pelafalan berbeda. Di Prancis burger dilafalkan "boer geur", sedangkan di Italia disebut "boor gair".

Lalu dari kategori minuman ada bourbon yang pengucapannya sering bikin orang Amerika Serikat bingung. Umumnya minuman asal Prancis ini dilafalkan "buh buhn", namun kebanyakan orang lebih sering menyebutnya "bur bun". Sedangkan orang Inggris bilangnya "baw buhn".

Daftar Nama Makanan yang Paling Sering Bikin Bingung PelafalannyaPenyebutan kata bourbon rupanya juga membingungkan banyak orang. Foto: Getty Images/StefaNikolic

Urutan selanjutnya ditempati BBQ, Pecan Pie, Coleslaw, Cupcake, Milkshake, Grits, Poke, Gumbo, dan Fried Chicken. Banyak orang meragukan cara pelafalan yang benar dari nama-nama makanan tersebut.

Hasil studi ini juga menunjukkan satu hal menarik yaitu nama makanan yang sudah sangat terkenal dan memiliki pelafalan yang diterima secara luas pun ternyata sangat mungkin memiliki pelafalan yang berbeda di tempat lain.

Untungnya kini ada internet yang bisa membantu seseorang mencari tahu pelafalan kata yang tepat untuk menyebutkan suatu makanan saat berada di sebuah negara.



Simak Video "Tengkleng Jagoan Jokowi di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT