5 Pecel Ponorogo Enak dan Gurih Ini Ada di Jakarta

ADVERTISEMENT

Uenake Poll! Kuliner Jawa Timur

5 Pecel Ponorogo Enak dan Gurih Ini Ada di Jakarta

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 27 Nov 2022 10:00 WIB
Sedap Puooll! Nasi Pecel Komplet ada di 5 Tempat Ini
Foto: iStock
Jakarta -

Pecel Ponorogo merupakan salah satu jenis pecel favorit asal Jawa Timur. Banyak tempat makan pecel khas Ponorogo di Jakarta.

Aneka jenis pecel dapat ditemukan di berbagai daerah di sekitar Jawa Timur. Dari sekian banyak, yang paling terkenal adalah pecel Ponorogo asal kota Ponorogo.

Berbeda dengan pecel lainnya, pada bumbu pecel khas Ponorogo lebih terasa pedasnya. Tekstur bumbunya juga lebih kental dengan pelengkap yang beragam. Misalnya tempe goreng dibalut tepung, peyek, lentho, bakwan, sampai iwak kali atau ikan wader.

Kalau penasaran dengan rasa pecel Ponorogo yang autentik, kamu bisa ditemukan di Jakarta. Berikut lima rekomendasinya:

Baca Juga: "Sego Cumi Dapur Si Mpok: Mantap! Aneka Nasi Cumi Enak yang Viral di Bekasi" selengkapnya


1. Nasi Pecel Ponorogo Cijantung

nasi pecelnasi pecel Foto: Pool/Site

Nasi pecel Ponorogo yang terkenal di Jakarta adalah Nasi Pecel Ponorogo Cijantung. Letaknya di Cipayung, Jakarta Timur. Nasi pecel di sini terkenal sejak dulu karena kelezatannya.

Tempat makan ini selalu ramai, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Menu andalannya, tentu saja ada Nasi Pecel Ponorogo dengan aneka lauk yang menggoda selera.

Pilihannya ada daging empal, tahu tempe bacem, paru, tempe goreng, babat hingga bakwan. Harganya juga murah nasi pecel sekitar Rp 15.000, kalau lauknya dari angka Rp 3.000.

2. Sego Pecel Ponorogo Ibu Suryati

Terletak di Pulo Gadung, Jakarta Timur, warung makan Sego Pecel Ponorogo Ibu Suryati ini buka dari sore sampai malam hari. Meski sederhana, tapi bagi sebagian orang, warung makan ini bisa mengobati rasa kangen akan pecel khas Ponorogo.

Menurut para pelanggan, sambal di sini pedas dan rasanya enak. Selain itu harganya juga terjangkau, mirip dengan pecel yang ada di kota Ponorogo.

Selain makan nasi pecel, di sini juga tersedia beberapa makanan khas Jawa Timur lainnya. Misalnya rawon, lodeh, rujak petis hingga sego goreng dengan kisaran harga Rp 15.000 saja.

3. RM Hadir

RM Hadir Pecel Madiun yang ada di daerah Gondangdia, Jakarta Pusat menawarkan beragam menu. Tentunya fokus ke kuliner tradisional Jawa Timur dengan spesialis menu pecel Madiun dan pecel Ponorogo.

Kisaran harga nasi pecelnya Rp 35.000, sudah termasuk nasi. Ada juga menu lauk tambahan seperti empal gepuk dan tahu tempe.

Selain itu di sini juga menyediakan soto daging, rawon hingga sate ayam Ponorogo yang tak kalah menggugah selera.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT