Tanpa Getok Harga! Bule Ini Jajan di Warung Pinggir Jalan Hanya Rp 11 Ribu

ADVERTISEMENT

Tanpa Getok Harga! Bule Ini Jajan di Warung Pinggir Jalan Hanya Rp 11 Ribu

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 26 Nov 2022 12:35 WIB
Tanpa Getok Harga! Bule Ini Jajan di Warung Pinggir Jalan Hanya Rp 11 Ribu
Foto: TikTok @davud_akh
Jakarta -

Seorang bule jajan makanan di warung pinggir jalan di Bali. Namun ada hal yang membuat netizen kagum setelah melihat penjualnya mematok harga Rp 11 ribu saja, tanpa getok harga!

Seringkali ditemukan penjual yang melakukan getok harga ketika menjual makanan maupun barangnya ke para turis, terutama turis asing. Mereka tahu para turis ini tidak mengerti harga aslinya. Akhirnya, beberapa barang jualannya dinaikkan harganya berkali-kali lipat. Tak heran jika banyak turis yang tertipu dan menjadi korban.

Namun kejadian baru-baru ini menunjukkan ada penjual yang ternyata masih sangat jujur ketika melayani seorang turis asing. Sampai-sampai aksinya itu pun dikagumi oleh para netizen.

Ini ditunjukkan dari unggahan video TikTok @davud_akh (24/11). Terlihat bule ini sedang mampir ke sebuah warung kecil pinggir jalan di daerah Bali. Bule bernama Davud Akhundzada itu memang sedang dalam perjalanan. Ia pun melihat ada warung kecil di pinggir jalan dan memutuskan untuk berhenti sebentar.

"Kami berhenti sebentar untuk mendapatkan camilan sedikit," ucap Davud dalam video.

Rupanya, warung ini menjual berbagai macam jajanan pasar. Pada klip terlihat bahwa bule ini memilih beberapa makanan. Ia juga sempat bertanya makanan-makanan itu kepada sang penjual.

Sembari menunjukkan jajanan yang ia pilih, bule ini turut mendeskripsikan beberapa makanan yang ia ketahui dengan mengungkap, "Ini sate, ayam atau babi. Ini seperti ketan, yang sebelumnya sudah pernah saya coba di Malaysia."

Tetapi ada beberapa makanan yang memang belum diketahui olehnya. Ketika melihat sebungkus tape dan juga beberapa topping es di wadah, bule ini penasaran. Ia lantas bertanya kepada penjual apakah rasanya manis atau tidak.

"Apakah ini manis? Wah banyak makanan manis disini. Saya juga ingin minumannya," ucap Davud.

Setelah memilih jajanannya, penjual ini langsung sigap menyiapkan. Beruntungnya, penjual itu bisa berbahasa Inggris sehingga mereka pun sempat berbincang mengenai beberapa hal.

Tanpa Getok Harga! Bule Ini Jajan di Warung Pinggir Jalan Hanya Rp 11 RibuBeberapa jajanan yang dibeli oleh bule bernama Davud di warung pinngir jalan di Bali ini. Foto: TikTok @davud_akh

Dalam klip terlihat bule ini membeli cukup banyak jajanan termasuk sate, otak-otak, tape, segelas es yang mirip dengan es campur, dan beberapa kue-kue pasar.

Ketika ingin membayar, ada hal yang membuat banyak netizen terkejut. Pasalnya semua jajanan yang dibeli oleh Davud hanya dihargai Rp 11 ribu saja!

Penjual itu memberi harga asli dengan beberapa makanan yang dibanderol Rp 6.000 saja. Sementara minuman esnya dihargai Rp 5.000. Hal ini pun cukup membuat Davud terkejut.

Tanpa Getok Harga! Bule Ini Jajan di Warung Pinggir Jalan Hanya Rp 11 Ribu Harga es nya hanya dibanderol Rp 5 ribu saja.Foto: TikTok @davud_akh

"Jadi kita sebenarnya hanya membayar $0,70 (Rp 11 ribu) saja," pungkas Davud dalam video.

Mengingat penjualnya sangat ramah, Davud pun memberi uang sebesar Rp 15 ribu. Lalu ia juga memberikan bonus uang Rp 100 ribu untuk anak penjual tersebut.

"Ini Rp 15 ribunya. Ini Rp 100 ribunya untuk anak kamu. Beli sesuatu untuknya," lanjut Davud.

Tanpa Getok Harga! Bule Ini Jajan di Warung Pinggir Jalan Hanya Rp 11 RibuTotal jajanan yang harus dibayar oleh bule ini hanya Rp 11 ribu saja. Foto: TikTok @davud_akh

Video yang telah ditonton oleh 1,6 juta orang ini pun lantas mengundang banyak reaksi positif dari netizen. Netizen bukan hanya terpana dengan kebaikan Davud yang mau memberi uang lebih, melainkan juga karena sikap penjual makanan itu.

Netizen memuji kejujurannya yang memberikan harga asli kepada turis asing ini. "Penjualnya keren banget ga nipu soal harga, lu kerennn," tulis seorang netizen.

Netizen lain pun turut berkomentar, "Baik bet ga nipu harga."

Komentar itu dijawab oleh netizen lain, "Maunya perbanyak orang seperti ini."

Tak sedikit juga netizen yang menganggap penjual itu memang ingin sekedar mencari berkah sehingga menetapkan harga lokal.

"Walau bule di kasih harga lokal, mantap bang respect. Semoga lancar rezekinya," komentar seorang netizen.



Simak Video "Menjajal Indomie Goreng Viral di Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT