ADVERTISEMENT

Unik! Konten Mukbang Ini Tunjukkan Makanan Kampung dengan Panorama Desa

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 24 Nov 2022 15:00 WIB
Unik! Konten Mukbang Ini Tunjukkan Makanan Kampung dengan Panorama Desa
Foto: YouTube/TikTok @keindahandesaku
Jakarta -

Berbeda dengan YouTuber lainnya yang berlomba-lomba menyantap makanan kekinian. Kalau YouTuber ini, justru menonjolkan keindahan alam dan makanan kampung di setiap video mereka.

Tren mukbang yang berasal dari Korea Selatan memang sudah menjadi konten favorit di Indonesia. Konsepnya sederhana, yaitu makan dalam porsi banyak di depan kamera.

Makanan yang dipilih juga beragam, dan kebanyakan makanan yang sedang ngetren. Misalnya seperti mukbang ayam geprek, mie Samyang, martabak hingga seblak.

Tapi kalau akun YouTuber Keindahan Desaku (24/11), menampilkan konsep mukbang yang berbeda dari lainnya. Viral di TikTok dan Twitter, YouTube ini dimiliki oleh satu keluarga asal desa terpencil di Cihurip, Garut, Jawa Barat.

Baca Juga: Demi Dilihat Banyak Penonton Para Kreator Ini Nekat Mukbang Ekstrem" selengkapnya

Meski mereka jarang menyebutkan nama, namun mereka akrab memanggil satu sama lain dengan panggilan seperti eneng (kakak), umi (ibu) dan dulur (saudara).

Menggunakan bahasa Sunda yang kental, makanan yang ditampilkan juga bikin ngiler. Karena kebanyakan makanan sederhana ala Sunda, yang jarang ditemukan di restoran Sunda pada umumnya.

Latar mukbangnya juga asri, yaitu hamparan sawah, gunung sampai kebun hijau yang sejuk. Makanan selalu dinikmati dengan alas dengan daun pisang, aneka lalapan segar, sampai sambal dadakan.

Unik! Konten Mukbang Ini Tunjukkan Makanan Kampung dengan Panorama DesaUnik! Konten Mukbang Ini Tunjukkan Makanan Kampung dengan Panorama Desa Foto: YouTube/TikTok @keindahandesaku

Di satu video mereka menyantap nasi liwet sederhana dengan lauk ikan peda asin. Menggunakan lalapan 'Randa midang' dan sambal goang.

"Pada tau gak kira-kira randa midang ini apa?" tanya mereka. Mereka menjelaskan bahwa randa midang ini adalah daun kenikir segar, yang memang sering digunakan orang Sunda sebagai lalapan.

Nah, selain memberikan informasi tentang makanan-makanan khas Sunda yang unik. Mereka juga sering mukbang makan gorengan, orek tempe, sayur bayem, tumis oncom, sambal pete sampai santap ikan boloso.

Di Twitter sendiri, akun Keindahan Desaku ini banyak menuai pujian. Karena berhasil menyajikan tontonan mukbang sederhana, yang bikin lapar dan dinikmati para penontonnya.

Unik! Konten Mukbang Ini Tunjukkan Makanan Kampung dengan Panorama DesaUnik! Konten Mukbang Ini Tunjukkan Makanan Kampung dengan Panorama Desa Foto: YouTube/TikTok @keindahandesaku

"Gue gak pernah nafsu (makan), lihat orang mukbang-mukbangan ala negara luar. Tapi kal ngeliat mukbang makanan beginian, air liur serta perut gue kompak minta makan segera," komen @jos**.

"Ini pertama kalinya aku ngelihat konten mukbang dan ngiler. Ini makanannya, suasana peesaan, dan yang penting mereka makan lahap nikmat tapi gak jorok. Suka jijik lihat konten kreator, makannya jorok, muluk kebuka, makanan kemana-mana, tanganya kotor. Ini enggak, " puji @dian**.

"Ngerasain rasa sambel yang diuleg ibunya. Oncom dan lalapan, tambah suwir ayam, ditutup pake seuil timun dan kemangi. Wuih, apa itu restoran mewah yang harganya kemahalan?" tulis @jan**.

Sampai sekarang akun 'Keindahan Desaku' tetap konsisten mengunggah video mukbang di akun YouTube dan TikTok mereka. Bahkan mereka hampir setiap hari mengunggah video mukbang tradisional ini.

Baca Juga: Kenapa Nonton Mukbang Bikin Orang Senang? Ini Penjelasan Ahli" selengkapnya



Simak Video "Bobon Santoso Kapok Makan Keripik Terpedas di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT