Kenapa Nonton Mukbang Bikin Orang Senang? Ini Penjelasan Ahli

ADVERTISEMENT

Kenapa Nonton Mukbang Bikin Orang Senang? Ini Penjelasan Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 18 Nov 2022 08:30 WIB
penelitian tentang tontonan mukbang
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mukbang menjadi tontonan yang menyenangkan untuk sebagian orang, bahkan bisa membuat seseorang menjadi bahagia. Alasan timbulnya perasaan bahagia ini diungkapkan dalam sebuah penelitian.

Mukbang merupakan kegiatan makan dalam porsi yang banyak. Istilah ini berasal dari bahasa Korea dan pertama kali dilakukan oleh YouTuber Korea.

Mereka menyantap makanan dalam porsi besar, kemudian ditayangkan ke channel YouTube maupun platform siaran langsung. Tayangan mukbang mampu membuat orang lain tergiur ketika melihat makanan, bahkan bisa membuat orang senang.

Baca Juga: Fakta Croissant, Pastry Prancis yang Terinspirasi dari Kue Asal Austria

penelitian tentang tontonan mukbangpenelitian tentang tontonan mukbang Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Psychology Today (23/10), timbulnya perasaan senang ketika melihat orang makan atau mukbang ini ternyata diungkapkan dalam sebuah penelitian. Studi ilmiah dalam jurnal 'Culture, Medicine, and Psychiatry (Strand and Gustafsson, 2020)' menemukan kalau mukbang dapat memiliki konsekuensi psikologis yang bermanfaat dan menyakitkan bagi pemirsa.

Para ahli ini melakukan analisis kualitatif terhadap komentar YouTube dan unggahan di Reddit tentang menonton video mukbang. Bagi sebagian orang yang berkomentar, video mukbang itu memberikan dampak positif dan membantu dalam mencegah seseorang makan berlebihan.

Video mukbang juga dapat mengurangi rasa kesepian. Saat seseorang tidak memiliki teman makan dan harus makan sendiri, menonton video mukbang dapat memberi mereka rasa kebersamaan di meja makan.

Baca Juga: Sedap Mantap! Ini 5 Rawon Enak di Jakarta Buat Makan Siang

penelitian tentang tontonan mukbangseorang pria menonton mukbang sambil makan Foto: Getty Images/iStockphoto

Namun, ada juga sebagian orang yang merasa kalau menonton video mukbang dapat menimbulkan efek negatif. Misalnya, dapat membuat seseorang memiliki keinginan makanan berlebihan.

Studi lain tentang mukbang di tahun 2020 menemukan kalau video mukbang yang porsinya berlebihan lebih sering ditonton daripada video mengulas makanan biasanya. Video mukbang dengan batasan waktu juga lebih sering ditonton daripada yang tanpa batas waktu. Secara keseluruhan, penonton tampak menikmati video mukbang yang menunjukkan perilaku makan yang agak tidak sehat.

Baca Juga: Duh! Pengantar Makanan Ditipu Uang Tip Rp 200 Ribu oleh Pelanggannya



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Suki Mulai Rp 99 Ribu yang Nagih Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT