Pelanggan Ini Kena Getok Harga di Restoran, Alasannya untuk Uang Tip

ADVERTISEMENT

Pelanggan Ini Kena Getok Harga di Restoran, Alasannya untuk Uang Tip

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 24 Nov 2022 14:30 WIB
Pelanggan Ini Kena Getok Harga di Restoran, Alasannya untuk Uang Tip
Foto: Daily Record
Jakarta -

Makan di restoran, wanita ini dipatok harga lebih ketika membayar makanan. Getok harga sebanyak 30% dari harga makanannya diminta oleh restoran dengan alasan sebagai uang tip.

Ketika datang ke restoran para pelanggan tentunya akan dilayani dengan sangat baik oleh para pekerja. Bahkan di beberapa negara memberikan uang tip atas pelayanan yang diterima adalah hal yang wajib dilakukan oleh pelanggan restoran.

Wanita ini suatu hari datang ke sebuah restoran yang menyajikan hidangan bergaya Meksiko. Beberapa makanan dipesannya dan dirinya dilayani begitu baik oleh pekerja restoran yang ada di sana.

Tetapi kejadian tak menyenangkan justru dialaminya ketika akan membayar makanan. Ia tiba-tiba harus membayar tagihan lebih banyak dengan alasan yang tak masuk akal.

Pelanggan Ini Kena Getok Harga di Restoran, Alasannya untuk Uang TipMakan di sebuah restoran, wanita ini terkejut melihat tagihan yang lebih pada bon makanannya. Foto: Daily Record

Mengutip Daily Record (22/11) seorang wanita yang menyamarkan identitasnya menyampaikan keluhannya melalui Reddit bahwa dirinya baru saja mengalami kejadian getok harga. Awalnya hal ini terjadi karena mesin pembayaran yang rusak ketika ia ingin memilih banyaknya uang tip yang akan diberikan.

Wanita tersebut menyambangi salah satu restoran makanan Meksiko yang berada di Inggris. Ketika akan membayar untuk semangkok burrito, ia melihat pilihan untuk uang tip yang berbeda pada mesin pembayaran yang lain.

Pada mesin tersebut ada empat pilihan jumlah uang tip yaitu 20% dari total harga makanan, 25% persen dari total harga makanan, 30% dari total harga makanan dan tombol 'lainnya'. Wanita ini ingin memilih tombol keempat dengan jumlah uang tip yang akan disesuaikan olehnya.

Sayangnya tombol keempat tersebut tak bisa ditekan dan pekerjanya mengatakan tombol itu rusak. Ia dialihkan untuk menekan tombol ketiga dan tagihannya secara otomatis bertambah sebanyak 30% dengan alasan uang tip untuk pekerja restoran.

Pelanggan Ini Kena Getok Harga di Restoran, Alasannya untuk Uang TipDirinya dijebak untuk memberikan uang tip 30% dari total harga makanannya. Foto: Daily Record

Tak terima dengan kejadian tersebut, wanita ini meminta untuk bertemu dengan manajer restoran yang bertugas saat itu. Setelah perbincangan panjang manajer tersebut menjelaskan bahwa sistem baru yang diterapkan untuk membuat para pekerja mendapatkan uang tip lebih menjelang Natal dan tahun baru.

"Aku meminta untuk mengembalikan uang tip tersebut dan dibilang hal itu tidak mungkin karena mereka hanya bisa mengembalikan uang jika bersangkutan dengan makanan. Aku menjelaskan bahwa ini adalah kesalahan mesin pembayaran yang rusak sehingga tidak bisa memilih pembayaran yang sesuai denganku," kata wanita itu.

Perdebatan wanita itu dengan tim restoran semakin sengit karena pihak manajer terus menyudutkannya. Dirinya yang tak mau kalah mengatakan bahwa alasan ia menekan tombol 30% lantaran disuruh oleh pekerja restoran itu sendiri.

Mendengar bahwa ada pekerjanya yang menyuruh pelanggan memberikan uang tip secara memaksa, akhirnya manajer restoran tersebut berjanji akan mengembalikan uang pelanggannya. Setelah pengalaman tersebut diunggah pada media sosial ternyata banyak netizen yang ikut simpati dengan wanita itu.

"Jujur, aku akan melaporkan insiden ini kepada pengurus bisnis lokal atau pemerintah di kotamu karena itu sangat memaksa pelanggan memberikan uang tip. Dibandingkan dengan mengharapkan uang tip dari pelanggan, lebih baik mereka meningkatkan upahnya," tulis salah satu netizen.



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT