Gandeng Chef Asal RI di Inggris, Menparekraf Ingin Menu Nusantara Mendunia

ADVERTISEMENT

Gandeng Chef Asal RI di Inggris, Menparekraf Ingin Menu Nusantara Mendunia

Dea Duta Aulia - detikFood
Kamis, 17 Nov 2022 20:43 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Chef Petty Pandean-Elliott mempromosikan kuliner nusantara di ke dunia internasional.

Hal tersebut diungkapkan olehnya saat bertemu dengan Chef Petty di Cuca Restaurant Jimbaran, Bali, Rabu (16/11/2022). Pertemuan ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani, Direktur Pemasaran Regional II Kemenparekraf/Baparekraf Cecep Rukendi, dan Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf/Baparekraf Masruroh.

"Indonesia ini kulinernya juara dan kita harus bekerja sama dengan Chef Petty (sehingga) bisa meningkatkan promosi kuliner di dunia internasional," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis (17/11/2022).

Sandiaga menjelaskan pihaknya memiliki sejumlah program yang bertujuan untuk mempromosikan Indonesia sebagai destinasi gastronomi dunia, salah satunya melalui Spice Up The World (ISUTW). ISUTW merupakan program strategis nasional yang bertujuan meningkatkan nilai ekonomi di bidang pariwisata, perdagangan, dan investasi melalui industri kuliner.

Program nasional yang saat ini dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini sudah digodok sejak Juni 2020 dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari unsur pentahelix (Akademisi, Bisnis, Komunitas, Asosiasi, Pemerintah, dan Media).

"Kami ingin menjadikan Indonesia sebagai destinasi gastronomi dunia. Ini butuh kerja sama salah satunya dengan Chef Petty Elliott," kata Sandiaga.

Sementara itu, Petty Pandean-Elliott yang merupakan chef asal Indonesia yang telah lama menetap di Inggris mengatakan masakan Indonesia memiliki karakter yang kuat.

"Menurut saya setiap orang yang mencicipi masakan Indonesia pasti akan merasakan memori yang tertinggal karena rasanya sangat unik," tutupnya.



Simak Video "Cobain Makan Siang di Warung Nasi Depan Rumah Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT