Nongkrong di Kafe Bali, PM Kanada dan PM Inggris Cicip Lawar Ayam

ADVERTISEMENT

Nongkrong di Kafe Bali, PM Kanada dan PM Inggris Cicip Lawar Ayam

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 16 Nov 2022 17:30 WIB
PM Kanada dan PM Inggris mencicipi lawar ayam
Foto: Leon Neal/Pool/Reuters
Jakarta -

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyempatkan nongkrong di sebuah kafe di Bali dan mencicipi lawar ayam. Apa itu lawar ayam?

Di sela-sela padatnya forum KTT G20, banyak dari pemimpin dunia yang menikmati Bali lewat kulinernya. Tak terkecuali PM Kanada Justin Trudeau dan PM Inggris Rishi Sunak.

Mereka menyempatkan waktu untuk nongkrong di sebuah kafe di Bali. Dikutip dari CNN Indonesia (15/11/22) Kafe tersebut adalah Art Cafe Bumbu Bali yang berlokasi di Jalan Siligita no 101, Benoa.

Tentunya mereka tak mau ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas Bali, salah satunya ada lawar. Lawar dalam kuliner Bali selalu sebagai kondimen utama.

Ada banyak jenis lawar khas Bali, tetapi yang dipesan oleh Justin Trudeau dan Rishi Sunak adalah lawar ayam. Seperti apa racikan lawar ayam?

Berikut faktanya:

1. Apa Itu Lawar Ayam

PM Kanada dan PM Inggris mencicipi lawar ayamLawar ayam adalah kuliner tradisional khas Bali yang terdiri dari kacang panjang, daging ayam, kelapa parut dan terasi. Foto: iStock

Lawar ayam adalah kuliner tradisional khas Bali yang terdiri dari kacang panjang, daging ayam, kelapa parut dan terasi. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan rempah-rempah khas Bali.

Jenis lawar di Bali itu dibedakan dengan campuran dagingnya. Selain daging ayam, masyarakat Bali juga biasa membuat lawar menggunakan daging babi, bebek atau sayuran saja.

Selain itu, lawar juga dibedakan menjadi lawar putih dan merah. Lawar merah adalah lawar yang diracik dengan darah hewan setengah matang, sementara lawar putih tanpa darah.

Baca Juga: Menu Nusantara Jadi Jamuan Para Menteri Anggota G20 di Bali

2. Filosofi Lawar dalam Budaya Bali

Tak hanya sebagai kuliner, bagi masyarakat Bali lawar memiliki filosofi tersendiri. Maka tak heran jika mereka menganggap lawar sebagai makanan mewah.

Lawar dijadikan sebagai simbol keharmonisan dan keseimbangan. Karenanya lawar sering disajikan dalam berbagai acara adat di Bali. Setiap bahan pembuatan lawar juga memiliki arti.

Kelapa parut yang berwarna putihmelambagkan DewaIswara. Terasi yang berwarna hitam melambangkan Dewa Wisnu dan merahnya darah melambangkan Dewa Brahma.



Simak Video "Sandiaga Uno Bocorkan Menu Jamuan Makan Siang KTT G20"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT