Wow di Thailand Ada Durian Monthong tanpa Aroma Menyengat

ADVERTISEMENT

Wow di Thailand Ada Durian Monthong tanpa Aroma Menyengat

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 17 Nov 2022 10:30 WIB
Durian Thailand tanpa aroma
Foto: New Srait Times
Jakarta -

Bagi sebagian orang, aroma durian yang begitu tajam saat mengganggu. Namun, belum lama ini Thailand memperkenalkan spesies durian tanpa aroma menyengat.

Durian merupakan buah tropis yang populer di Asia, termasuk di Indonesia. Durian dikenal dengan dagingnya yang lembut dan memiliki aroma yang menyengat.

Bagi kebanyakan orang Asia, durian menjadi buah favorit. Namun, Tak semua orang bisa menikmati durian, karena aromanya. Itulah yang menjadi penyebab durian dilarang keberadaannya di tempat umum.

Thailand belum lama ini memperkenalkan jenis durian yang diklaim tidak beraroma menyengat. Durian ini disebut-sebut jadi solusi bagi mereka yang anti aroma durian.

Baca Juga: Beli Durian 1.080 Kg, Penjual Ini Diduga Ngutang Rp 26 Juta

Durian Thailand tanpa aromaThailand belum lama ini memperkenalkan jenis durian yang diklaim tidak beraroma menyengat. Foto: New Srait Times

Dikutip dari Sea Mashable (22/07/22) durian tersebut adalah varietas Pak Chong-Khao Yai. Para petani durian itu menyebut bahwa durian tanpa aroma ini memiliki daging buah yang lembut.

Selain itu, teksturnya kering dan rasanya manis. Tentu saja, aromanya jauh lebih ringan, sehingga tidak akan mengganggu penciuman. Sebab ada orang akan merasa pusing jika menghirup aroma durian.

Durian tanpa aroma itu banyak dibudidaya di Provinsi Nakhon Ratchasima. Durian Pak Chong-Khao Yai merupakan jenis durian Monthong. Belum lama ini mereka merayakan panen pertamanya.

Panen pertama itu dirayakan lewat sebuah festival distrik Pak Chong dan. Pada momen itu, mereka menerima sertifikasi indikasi geografis (GI) dari Departemen Kekayaan Intelektual pada tahun 2021.

Baca Juga: Siap-siap Kantong Terkuras, 5 Durian Termahal Ini Harganya Selangit!

Penjual durian akan dipenjara jika menjual durian mentahDurian tanpa aroma itu banyak dibudidaya di Provinsi Nakhon Ratchasima. Foto: iStock


Dengan sertifikasi GI, artinya varietas durian Pak Chong-Khao Yai memiliki karakteristik khusus yang eksklusif. Tak hanya itu, label GI tersebut juga menandakan bahwa durian tersebut asli.

Selama ini, Thailand merupakan salah satu negara penghasil durian di Asia. Thailand memiliki berbagai jenis durian yang populer, mulai dari monthong, kradumthong, cha-nee, kan-yao dan lainnya.

Durian Thailand banyak diekspor hingga ke seluruh dunia. Pada 2021 lalu, Thailand sampai meraup sekitar Rp 74 triliun dari mengekspor durian karena saat itu permintaan dari China melonjak tinggi, lapor South China Morning Post (19/07/22)

Baca Juga: Penuh Pria Tampan, Toko Durian di Thailand Ini Laris Manis



Simak Video "Bikin Laper: Manis Legit Durian Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT