Ustaz Ini Sebut Minuman Gandum Nonhalal, 7-Eleven Beri Tanggapan

ADVERTISEMENT

Ustaz Ini Sebut Minuman Gandum Nonhalal, 7-Eleven Beri Tanggapan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 15 Nov 2022 05:00 WIB
Ustaz Ini Sebut Minuman Gandum Nonhalal, 7-Eleven Beri Tanggapan
Foto: TikTok @ustaz_syah via Says Malaysia
Jakarta -

Di Malaysia viral unggahan seorang ustaz yang menyerukan untuk tidak mengonsumsi minuman nonhalal di 7-Eleven. Minuman yang dimaksud adalah Nutri Malt keluaran Carlsberg.

Melalui TikTok @ustaz_syah, Ustaz Syah Al Amin (8/11) mengunggah video berdurasi sekitar 2 menit yang berisi seruan pada muslim di Malaysia. Ia yang saat itu berada di sebuah gerai 7-Eleven, menunjukkan produk minuman nonhalal di sana.

Minuman itu dipajang di kulkas bersama minuman halal lain yang memang sering dikonsumsi warga Malaysia. Tak heran jika keberadaannya bisa mengecoh pembeli muslim untuk ikut mengonsumsi.

Namanya Nutri Malt yang merupakan produksi Carlsberg. Perusahaan ini terkenal dengan rangkaian produk birnya.

Mereka meluncurkan Nutri Malt yang dikemas dalam kaleng berwarna oranye dan kuning. Di kemasan, tak tampak logo halal pada minuman gandum tersebut.

Ustaz Ini Sebut Minuman Gandum Nonhalal, 7-Eleven Beri TanggapanMinuman Nutri Malt keluaran Carlsberg Malaysia dipasarkan di 7-Eleven. Foto: TikTok @ustaz_syah via Says Malaysia

Di bagian depan hanya ada keterangan nutrisi minuman gandum yang mengandung vitamin B1, B3, B6, dan C. "Kalau kalian lihat, ini produk perusahaan Carlsberg. Tolong kalian jangan tertipu. Kepada yang muslim, tolong jangan tertipu," katanya.

Ustaz Syah bercerita ia pernah mengonsumsi Nutri Malt. "Ada kawan saya nonmuslim, ia bilang rasa minuman ini seperti ada rasa arak. Ketika saya lihat-lihat, ya Allah (ternyata keluaran Carlsberg)," katanya.

Melihat situs resmi Carlsberg Malaysia, Nutri Malt memang disebut minuman nonalkohol. Hanya saja, dalam daftar komposisinya tertulis hops yang merupakan bahan utama pembuatan bir.

Hops sendiri merupakan bunga betina dari tanaman Humulus Lupulus, yang juga digunakan sebagai bahan utama pada bir dan efek obat penenang ringan. Mengutip CNN Indonesia, bahan ini dapat menimbulkan kantuk.

Video Ustaz Syah menyerukan agar muslim Malaysia tidak mengonsumsi Nutri Malt viral. Saat berita ini ditulis, video sudah ditonton lebih dari 4,5 juta kali.

Banyak netizen muslim merasa tercerahkan dengan info ini. Ada juga seorang pegawai 7-Eleven yang mengatakan selalu memberi informasi pada pelanggan yang membeli, kalau Nutri Malt nonhalal.

Menanggapi hal ini, pihak JAKIM dan 7-Eleven Malaysia memberikan tanggapan. Baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT