Netizen Indonesia Geram Rendang Disebut Berasal dari Malaysia

ADVERTISEMENT

Netizen Indonesia Geram Rendang Disebut Berasal dari Malaysia

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 09 Nov 2022 13:00 WIB
RM Simay: Empuknya Juara! Rendang Daging Racikan RM Padang Berusia 42 Tahun
Foto: detikcom/Diah Afrilian
Jakarta -

Netizen Indonesia kembali dibuat kesal dengan pengakuan beberapa orang Malaysia yang menyebut rendang berasal dari Malaysia. Ini faktanya.

Rendang merupakan masakan Minang yang terbuat dari daging sapi dan bahan-bahan lainnya. Rendang biasa ditemukan di restoran Padang dan menjadi populer hingga ke luar negeri.

Bahkan rendang berada di urutan nomor 1 sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN Travel. Maka tak heran jika masyarakat Indonesia merasa bangga dengan kuliner tersebut.

Namun, bagi beberapa orang Malaysia kuliner rendang justru berasal dari negaranya. Hal ini terlihat dari video yang dibuat oleh kreator konten TikTok Iben.

Netizen Indonesia Geram Rendang Disebut Berasal dari MalaysiaIben saat menanyakan asal-usul rendang pada netizen Malaysia. Foto: TikTok iben_ma

Melalui video TikToknya @iben_ma (08/11/22) ia mewawancarai beberapa orang Malaysia yang ia jumpai. Kemudian, Iben bertanya seputar rendang kepada mereka.

Mereka ditanya apakah mereka mengetahui rendang? Mereka pun menjawab tahu. Bahkan mereka menyebut bahwa rendang adalah makanan favoritnya.

Namun, ketika ditanya darimana rendang berasal, mereka menjawab dari Malaysia bukan Indonesia. Hal itulah yang membuat netizen Indonesia jadi geram.

"Enak aja dari Malaysia, itu dari Indonesia woi masakan Minang itu," tulis netizen.

"Kenapa semuanya mau diambil sih, rendang punya Indonesia titik," tulis netizen lainnya.

Netizen Indonesia Geram Rendang Disebut Berasal dari MalaysiaSeluruh netizen Malaysia yang ditanya Iben mengatakan rendang asalnya dari Malaysia. Foto: TikTok iben_ma

Lantas apakah sebenarnya rendang berasal dari Malaysia? Dikutip dari beberapa sumber, rendang berasal dari tanah Minangkabau daerah Sumatera Barat.

Dulu, orang Minang yang merantau ke negara-negara tetangga membawa rendang. Karena proses memasak yang lama membuat rendang awet dan tahan lama ketika dibawa dalam perjalanan jauh.

Saat itu, rendang jadi makanan perbekalan untuk merantau dan naik haji. Rendang juga di bawa hingga ke Negeri Jiran Malaysia. Nah, di Malaysia terjadi asimilasi kuliner sehingga menghasilkan rendang yang berbeda seperti di Sumatera Barat.

Lamak Bana! Gulai Ikan Kakap dan Rendang Empuk di Dekat Halte Pasar Muara KarangMeski aslinya dari Indonesia, tak bisa dipungkiri rendang juga ada di Malaysia. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Mungkin benar rendang juga ditemukan di Malaysia, tetapi asal usulnya tetap berasal dari Indonesia. Antara rendang Indonesia dan Malaysia pun ada banyak perbedaan.

Pertama, rendang Indonesia cenderung lebih kering karena dimasak paling tidak selama 8 jam. Berbeda dengan rendang Malaysia yang lebih basah karena hanya dimasak selama 4 jam.

Selain itu, rempah yang digunakan pun berbeda. Karenanya cita rasa dan tekstur yang dihasilkan pun berbeda antara rendang di Malaysia dan Rendang khas Indonesia.



Simak Video "Dubes RI untuk Bulgaria Sukses Tarik Investasi Bahan Makanan USD 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT