7 Istilah Khusus untuk Fobia Makanan, Cokelat hingga Buah

ADVERTISEMENT

7 Istilah Khusus untuk Fobia Makanan, Cokelat hingga Buah

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 07 Nov 2022 11:00 WIB
7 Istilah Khusus untuk Fobia Makanan, Cokelat hingga Buah
Foto: Getty Images/Morsa Images
Jakarta -

Setiap orang memiliki rasa takutnya atau fobia terhadap hal-hal tertentu. Ternyata ada istilah untuk mendiskripsikan fobia terhadap makanan.

Fenomena rasa takut secara berlebihan yang dialami oleh seseroang dieknal juga dengan sebutan fobia. Ketakutan ini berbeda-0beda pada setiap orang yang mengalaminya.

Ada yang takut dengan ketinggian, ruangan sempit atau bahkan makanan. Setiap fobia memiliki sebutannya masing-masing termasuk untuk setiap jenis makanan yang ditakuti.

Secara umum ketakutan akan makanan disebut oleh ahli sebagai cibophobia yang biasanya dialami oleh orang-orang dengan gangguan kecemasan. Ternyata jika takut terhadap satu makanan tertentu istilah yang digunakan dapat berbeda-beda.

Baca juga: Kisah Sukses Chef Richie, Master Chocolatier dari Amerika yang Hijrah ke Jakarta

Berikut ini 7 istilah fobia makanan menurut Eat This, Not That:

7 Istilah Khusus untuk Fobia Makanan, Cokelat hingga BuahPara ahli psikologi sepakat menyebut kondisi takut akan sayuran dengan istilah lachanophobia. Foto: Getty Images/Morsa Images

1. Lachanophobia

Banyak anak kecil yang sulit untuk disuapi makanan terutama sayuran oleh orang tuanya. Rasa sayuran yang dinilai tak enak sering membuat anak-anak memilih untuk melepehnya.

Ternyata jika berubah menjadi suatu ketakutan yang berlebihan, hal ini dikenal dengan sebutan lachanophobia yang artinya takut makan sayur. Menurut para ahli, fenomena ini dapat terjadi karena kurangnya asupan sayuran sejak kecil.

2. Xocolatophobia

Siapa yang tak suka cokelat yang manis? Walaupun digemari mayoritas orang di dunia, ada juga sebagian orang yang merasa takut dengan cokelat.

Kondisi dimana seseorang takut dengan cokelat ini dikenal dengan istilah xocolatophobia. Hingga saat ini masih belum ditemukan cara menangani orang-orang yang mengidap ketakutan akan cokelat.

3. Alliumphobia

Jika kamu pernah mendengar bahwa bawang putih bisa mengusir vampir, ternyata ada manusia yang takut dengan bawang putih. Kondisi takut berlebihan terhadap bawang putih ini disebut sebagai alliumphobia yang kebanyakan disebabkan oleh aromanya yang menyengat.

Pada beberapa kasus selain takut akan bawang putih, orang-orang ini akan merasa tak nyaman jika berdekatan atau menghirup aroma bawang bombay atau bawang merah. Efeknya mereka bisa mengalami serangan panik atau kecemasan.

Baca juga: 5 Racikan Teh Ini Direkomendasikan Ahli untuk Orang yang Lagi Sedih

Istilah fobia pada makanan lainnya ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT