Ini 4 Tips Menyeduh Teh Tubruk Agar Rasanya Seenak Teh Angkringan

ADVERTISEMENT

Ini 4 Tips Menyeduh Teh Tubruk Agar Rasanya Seenak Teh Angkringan

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 03 Nov 2022 06:00 WIB
Teh
Foto: iStock
Jakarta -

Apakah kamu pernah menyadari bahwa teh yang dibeli di angkringan memiliki sensasi rasa yang lebih enak daripada buatan sendiri? Ternyata ini rahasianya.

Teh menjadi minuman yang paling banyak ditawarkan di restoran, kafe hingga warung. Cara meraciknya sederhana, cukup menyeduh daun teh yang sudah dikeringkan menggunakan air panas.

Apalagi kini banyak merek teh dalam kemasan kantong sehingga lebih praktis. Cukup mencelupkan kantong teh tersebut ke dalam air panas. Kemudian bisa diracik sesuai selera.

Bisa menggunakan gula, tawar, menggunakan es atau disajikan hangat. Mungkin cara meraciknya terlihat sederhana, tetapi tak sedikit yang menyadari terkadang rasa setiap racikan berbeda-beda.

Baca Juga: Siapa Mau Ikutan? Lomba Lukis Mie Goreng Berhadiah Rp 33 Juta

TehTeh Foto: iStock

Seperti teh racikan angkringan misalnya yang disebut-sebut lebih enak dari tempat lain atau bahkan buatan sendiri. Ternyata ada tips tersendiri mengata teh angkringan lebih enak.

Hal ini diungkap oleh mantan pemilik warkop melalui cuitan di Twitternya @lintingdhewek (01/11/22). Dalam cuitannya ia menanggapi pertanyaan netizen tentang teh.

1. Tips Minum Teh Agar Mulut dan Tenggorokan Tak Kering

Seorang netizen @aldhindoy bertanya soal merek teh yang tidak membuat mulut dan tenggorokan kering. Kemudian Danang menyarankan untuk menambahkan perasan air jeruk nipis.

"Itu bahasa istilahnya 'nyangkut di leher'. Yang punya promo tidak nyangkut di leher, itu teh Pucuk Harum. Sekelas teh Sariwangi, masih nyangkut di leher," ujarnya.

"Berarti teh yang lain lebih nyangkut lagi. Jalan keluarnya teh hitam kasih perasan jeruk nipis. Teh kampul," lanjut Danang.

2. Tips Bikin Teh Enak ala Jawa Timuran

TehTips membuat teh ala Jawa Timuran adalah dengan menambahkan beras yang disangrai di gerabah tanah liat lalu ditumbuk. Foto: iStock

Lebih lanjut, ada netizen @widino menanyakan tentang tips membuat teh enak seperti di angkringan. Danang pun membeberkan rahasianya, yakni dengan menambahkan beras.

"Saya veri Jawa Timuran mas. Tapi kalau dagang kopi sama teh, pakai beras yang disangrai di gerabah tanah liat. Kalau sudah wangi baru didinginkan," tulisnya.

Kemudian, beras tersebut ditumbuk halus seperti tepung beras. Ambil sepucuk sendok teh, untuk satu gelas teh. Lalu, masukkan air mendidih, baru kemudian teh dimasukkan.

"Penambahan gula di akhir," tuturnya.

Baca Juga: Mie Instan Bikinan Warkop Lebih Enak, Ini Rahasia Bikinnya!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT