11 Menu Makanan dan Minuman yang Bisa Mengandung Alkohol

ADVERTISEMENT

11 Menu Makanan dan Minuman yang Bisa Mengandung Alkohol

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 02 Nov 2022 10:30 WIB
Makanan yang mungkin mengandung alkohol
Foto: iStock
Jakarta -

Mendengar nama makanan dan minuman ini mungkin kamu tak akan menyangka bahwa ada kandungan alkoholnya. Karenanya hati-hati sebelum membeli.

Untuk menambah aroma, rasa hingga tekstur biasanya ada makanan dan minuman yang dicampur dengan khamr atau alkohol. Sayangnya itu menjadi pantangan bagi muslim untuk dikonsumsi.

Sementara itu, makanan dan minuman mengandung alkohol kini marak dijual di tempat makan, termasuk restoran atau kafe. Tentu ini menjadi hal yang harus diperhatikan muslim.

Mungkin wine, vodka, whisky, rum adalah istilah alkohol yang selama ini populer. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang mungkin mengandung alkohol dan jika mendengar namanya mungkin kita tidak akan menyangka ada kandungan khamar di dalamnya.

Dikutip dari Halal MUI berikut menu-menu tersebut:

1. Drunken Fish

Drunken fish sekilas mirip ikan asin. Ikannya dibungkus menggunakan kemasan bening. Biasanya dalam kemasannya menyebutkan 'ikan kering yang direndam dengan arak'.

2. Abon

Makanan yang mungkin mengandung alkoholMeskipun hewan yang digunakan halal, ada kemungkinan dari proses pembuatannya yang dicampur alkohol. Foto: iStock

Abon merupakan makanan yang terbuat dari serat daging hewan. Meskipun hewan yang digunakan halal, ada kemungkinan dari proses pembuatannya yang dicampur alkohol.

Ada sebuah perusahaan abon yang mengatakan bahwa daging di sana direndam dalam arak agar melembutkan tekstur dan memperkaya cita rasa.

Baca Juga: Ternyata Ini Arti Ketukan Jari di Meja Saat Orang China Disajikan Teh

3. Cocktail

Makanan yang mungkin mengandung alkoholCocktail merupakan minuman yang terbuat dari berbagai campuran minuman alkohol. Foto: iStock

Cocktail merupakan minuman yang terbuat dari berbagai campuran minuman alkohol. Biasanya dipadukan dengan jus buah, sirup atau krim. Karenanya hati-hati sebelum memesan menu ini. Lebih aman memesan mocktail, cocktail tanpa alkohol.

4. Pinacola Pilada

Pinacola pilada merupakan jenis cocktail yang dicampur rhum, santan dan jus nanas. Minuman ini berasal dari Puerto Rico. Minuman ini juga banyak ditemukan di restoran atau kafe di Indonesia.

5. Cokelat

Makanan yang mungkin mengandung alkoholCokelat pada dasarnya halal. Namun terkadang, cokelat kerap dicampur dengan alkohol. Foto: iStock

Cokelat pada dasarnya halal. Namun terkadang, cokelat kerap dicampur dengan alkohol untuk memberikan efek cita rasa yang unik. Sebelum membeli pastikan dulu isi kandungannya.



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT