Hanya Punya Rp 30 Ribu, Pria Ini Berhasil Tetap Makan 3 Kali Sehari

ADVERTISEMENT

Hanya Punya Rp 30 Ribu, Pria Ini Berhasil Tetap Makan 3 Kali Sehari

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 30 Okt 2022 06:00 WIB
Hanya Punya Rp 30 Ribu, Pria Ini Berhasil Tetap Makan 3 Kali Sehari
Foto: Tiktok @overeatmy
Jakarta -

Malaysia juga mengalami inflasi yang menyebabkan harga makanan naik. Namun, pria ini membuktikan bahwa ia masih bisa makan 3 kali sehari hanya dengan uang Rp 30 ribu.

Akibat pandemi Covid-19 dan faktor lain, banyak negara yang saat ini perekonomiannya sedang terguncang hingga menyebabkan inflasi. Tak terkecuali di Malaysia

Hal ini tentu berdampak pada penjualan makanan di sana. Banyak makanan yang harganya jadi lebih mahal, mau itu di restoran ataupun di warung kecil. Karenanya akan menjadi sulit bagi seseorang untuk bertahan hidup dengan pegangan uang yang sedikit.

Namun anggapan tersebut dipatahkan setelah ada seorang pria yang membuktikan bahwa dirinya bisa melewati hari di Kuala Lumpur, Malaysia hanya dengan uang yang pas-pasan.

Melansir says.com (27/10), dalam akun TikToknya @overeatmy, pria itu mendokumentasikan perjalanannya selama satu hari keliling Kuala Lumpur. Namun, uang yang dibawanya tidaklah banyak, melainkan hanya sebesar 10 RM atau sekitar Rp 32 ribu.

Banyak orang, bahkan dirinya mungkin meragukan tantangan tersebut, karena makanan di Malaysia memang sedang mahal. Pria bernama Aaron itupun mengungkap, "Ekonomi Malaysia sangat buruk sekarang, biasanya makanan rata-rata seharga RM 15. Tapi melalui video ini, saya akan mencoba bertahan sehari dengan uang RM10."

Akhirnya, pria tersebut memulai hari dengan sarapan nasi lemak. Beruntungnya, nasi lemak yang ia dapatkan punya harga yang sangat murah, hanya RM 1 saja atau (Rp 3.000).

Hanya Punya Rp 30 Ribu, Pria Ini Berhasil Tetap Makan 3 Kali SehariMeskipun isi nasi lemaknya hanya nasi, sambal, dan telur, namun beruntungnya nasi ini sepadan dengan harganya yang sangat murah. Foto: TikTok @overeatmy

Nasi lemak itu dibungkus daun pisang dan terlihat porsinya agak banyak. Meskipun memang sangat polos hanya ada nasi dan sambal, namun Aaron mengaku puas karena memang harganya juga sangat murah.

Untuk makan siang, pria ini selanjutnya makan mie instan cup yang dibeli di minimarket seharga RM 2 atau sekitar Rp 6.000 an. Meskipun memang porsi mie cup itu sedikit dan kurang mengenyangkan, namun Aaron sengaja menyimpan uangnya untuk makan malam yang lebih enak.

Hanya Punya Rp 30 Ribu, Pria Ini Berhasil Tetap Makan 3 Kali SehariUntuk menghemat biaya, pria ini pun memilih makan siang hanya dengan mie instan cup saja. Foto: TikTok @overeatmy

"Ini hampir tidak cukup untuk makan siang saya. Tapi strategi yang saya lakukan, menyimpan lebih banyak uang untuk makan malam yang berat," ucap Aaron dalam video.

Setelah seharian, pria Malaysia ini hanya menghabiskan makan dengan porsi yang sedikit. Akhirnya Aaron memutuskan makan malam di sebuah restoran, tepatnya Mixed Rice Restaurant yang belokasi di Bandar Menjalara, Kuala Lumpur.

Di restoran tersebut, Aaron memanfaatkan momen untuk mengambil porsi besar sayuran dan daging asam manis, dengan nasi yang dilumuri saus kari. Hidangan yang mendekati sempurna ini ternyata menghabiskan cukup banyak uang.

Hanya Punya Rp 30 Ribu, Pria Ini Berhasil Tetap Makan 3 Kali SehariBarulah makan malamnya cukup mewah. Aaron membelinya dari salah satu restoran dengan harga Rp 21 ribu. Foto: TikTok @overeatmy

Makanan yang komplet dengan lauk daging tersebut punya harga mencapai RM 6.60 atau Rp 21 ribu. Secara total, akhirnya pria ini pun menghabiskan total makan seharian hanya RM 9.60 atau Rp 31 ribu saja. Hal ini membuktikan bahwa tantangan Aaron telah berhasil

Video TikTok itu pun mengumpulkan lebih dari 900 ribu penonton. Banyak netizen mengungkap kesedihan mereka atas tingginya harga makanan di Malaysia.

Ada juga netizen Malaysia yang menganggap hal tersebut telah menjadi gaya hidupnya. "Sebagai mahasiswa di tengah kota, ini bukan tantangan, ini benar-benar gaya hidup," katanya.

Sementara ada juga netizen yang membagikan trik baru dengan cara membeli makan satu kali tetapi makanan itu dibagi untuk siang dan malam. "Saya beli nasi, ayam, sayur sekitar RM 7 atau RM8. Saya memberikannya untuk makan siang dan malam," komentar netizen ini.



Simak Video "Menikmati Makanan Sunda Berlatar Pemandangan City Light di Sentul"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT