Waspada Modus Baru, Pesan Makanan via Driver Ojol Berujung Penjambretan

ADVERTISEMENT

Waspada Modus Baru, Pesan Makanan via Driver Ojol Berujung Penjambretan

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 28 Okt 2022 18:00 WIB
Hampir kena tipu saat pesan makanan via ojol
Foto: TikTok @unimahdiah
Jakarta -

Seorang pelanggan mengaku hampir kena tipu saat pesan makanan via ojek online dengan modus baru. Begini kronologinya!.

Memesan makanan via ojek online mungkin jadi solusi bagi banyak orang. Namun hati-hati, sebab banyak terjadi penipuan seperti yang dialami oleh seorang pelanggan bernama Uni Mardiah.

Kejadian ini terjadi di Bali. Melalui video TikToknya @unimahdiah (26/10/22) Uni Mardiah menceritakan pengalaman saat memesan pecel di gerai Pecel Pincuk Madiun Mbak Asih di Jimbaran.

Dikonfirmasi detikFood (28/10/22) ia memesan menu tempe mendoan (Rp 15.300), pecel tanpa nasi (Rp 18.000) dan jus mangga (Rp 15.500). Pesanan itu diantar ke lokasi Uni yang berada di Kuta Selatan.

Baca Juga: Duh! 5 Driver Ojol Ini Bertindak Seenaknya karena Diberi Tip Kecil

Hampir kena tipu saat pesan makanan via ojolHampir kena tipu saat pesan makanan via ojol Foto: TikTok @unimahdiah

Uni Mardiah memesan sekitar pukul 17.25, tetapi sudah beberapa jam, pesanan pecelnya belum juga sampai. Hal aneh terjadi ketika driver ojol mengabarkan bahwa dirinya sudah sampai di titik pengantaran.

Namun saat dicek di aplikasi, pesanan pecelnya masih berada di tahap kitchen. Artinya pesanan tersebut masih ada di gerai dan belum diambil oleh driver ojol.

Uni Mardiah langsung curiga, sebab sebelumnya ada kejadian serupa yang berakhir pada penjambretan handphone. Jadi modusnya, driver ojol yang dipesan berpura-pura sudah sampai padahal belum.

"Pernah dengar cerita nunggu taksi online di mobil, otomatis driver bilang sudah sampai padahal belum. Kustomer pasti nyari kan drivernya, tiba-tiba hp kustomer itu dijambret," ujarnya.

Baca Juga: Restoran Kejauhan, Pelanggan Ini Berikan Pesanan Makanan untuk Driver Ojol

Hampir kena tipu saat pesan makanan via ojolHampir kena tipu saat pesan makanan via ojol Foto: TikTok @unimahdiah

Beruntung Uni Mardiah langsung waspada dan memilih untuk membatalkan pesanan. Ia juga melaporkan kejadian ini kepada pemilik gerai makanan dan pihak perusahaan ojek online.

Laporan pembatalan pesanan pun disetujui oleh pihak perusahaan ojek online. Uni Mardiah kemudian memutuskan untuk makan langsung ke gerai pecelnya.

"Aku makan di tempat dan cerita tentang kejadian ini. Terus ownernya bilang kalau ada pesanan masuk senilai Rp 400 ribu, tetapi sudah berjam-jam pesanan tak kunjung diambil driver," lanjut Uni Mardiah.

Hampir kena tipu saat pesan makanan via ojolHampir kena tipu saat pesan makanan via ojol Foto: TikTok @unimahdiah

Ia menduga bahwa kini tengah marak modus penipuan yang dilakukan driver ojol kepada kustomernya. Karenanya ia mengimbau kepada netizen untuk lebih berhati-hati dan teliti ketika pesan makanan via ojol.

Videonya ramai dikomentari netizen. "Waduh serem ya. Kalau aku ambil makanan dari ojol selalu gak bawa hape dan ke luar kalau driver ojol udah di depan pintu," tulis netizen.

"Makasih ya infonya, aku sering banget order makanan di atas jam 1 pagi. Sekarang jadi takut," sahut netizen lainnya.

@unimahdiah

♬ original sound - Uni Mahdiah🦁

Baca Juga: Driver Ojol Bantu Pelanggan Beli Es Krim Buat Gebetan Ini Tuai Pujian



Simak Video "Kisah Driver Ojol Antar Makanan Saat Anaknya Meninggal Disebut Modus Belaka"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT