Ini 4 Alasan Bentuk dan Bahan Cangkir Bisa Pengaruhi Rasa Kopi

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini 4 Alasan Bentuk dan Bahan Cangkir Bisa Pengaruhi Rasa Kopi

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 29 Okt 2022 07:30 WIB
https://perfectdailygrind.com/2018/11/how-your-coffee-cup-makes-your-coffee-taste-better-or-worse/
Foto: Getty Images
Jakarta -

Selain jenis dan cara menyeduh kopi, ternyata cangkir kopi juga dapat mempengaruhi rasa dari kopi yang diseduh. Lantas kenapa hal itu bisa terjadi? Ini penjelasannya.

Banyak orang menggunakan cangkir untuk menyeruput kopi favorit mereka. Kenikmatan minum kopi akan semakin bertambah ketika aroma kopi yang mendekati wajah tercium, sebelum akhirnya diseruput. Tetapi bagaimana jika pilihan cangkir atau gelas mampu mempengaruhi rasa kopi? Entah itu menjadi semakin enak atau malah memperburuknya.

Di balik teori tersebut, ada penelitian yang dilakukan oleh Mark Vecchiarelli selaku Co-Founder dan Chief Marketing Officer KRUVE. Ia mencari tahu hubungan antara rasa kopi dengan cangkir. Merangkum perfectdailygrind.com (20/11/2022), berikut penjelasannya.

1. Alasan Mengapa Kopi Butuh Cangkir Khusus

https://perfectdailygrind.com/2018/11/how-your-coffee-cup-makes-your-coffee-taste-better-or-worse/Bentuk, ukuran, hingga bahan dari setiap cangkir kopi ternyata bisa berpengaruh terhadap rasa dan aroma yang berbeda. ini telah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Foto: Getty Images

Rata-rata cangkir kopi dirancang untuk satu tujuan yaitu aman dalam menyajikan cairan panas. Dengan kata lain, cangkir tersebut dirancang agar tidak ada orang yang merasa bibir atau lidahnya terbakar ketika menyeruputnya. Tetapi tujuan awal tersebut sebenarnya tidak berkaitan sama sekali dengan kemampuan wadah itu dalam mengubah rasa kopi.

Ternyata, sebuah penelitian ekstensif menunjukkan ada bentuk, ukuran, dan bahan cangkir yang ideal untuk minum kopi. Studi tahun 2018 yang dimuat dalam Journal of Food Quality and Preference itu mengkonfirmasi bahwa jenis cangkir kopi yang digunakan dapat mempengaruhi rasa kopi yang diseduh.

Ini dibuktikan dari sekelompok ahli kopi yang menemukan bahwa kopi yang disajikan dalam cangkir dengan sisi permukaan yang lebih kecil (seperti tulip mug), memiliki aroma lebih kuat daripada kopi yang disajikan dengan wadah klasik (split mug). Di sisi lain, kopi yang disajikan dengan cangkir klasik dinilai lebih manis dan lebih asam, lapor Tastingtables.com (22/10).

2. Ilmu di Balik Wadah Kopi Ideal

https://perfectdailygrind.com/2018/11/how-your-coffee-cup-makes-your-coffee-taste-better-or-worse/Penelitian menyebutkan bahwa cangkir kopi dengan permukaan yang lebih lebar cenderung akan meningkatkan rasa manisnya. Foto: Getty Images

Penelitian demi penelitian menemukan bahwa tekstur, ukuran, dan bentuk cangkir minuman hingga warnanya mampu berpengaruh terhadap persepsi konsumen tentang rasa minuman.

Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, yang meneliti bagaimana hubungan bentuk-rasa antara cangkir dan kopi yang disajikan di dalamnya.

Hasilnya ditemukan bahwa partisipan cenderung mengaitkan hubungan cangkir kopi yang permukaanya lebih sempit dengan aroma yang lebih kuat, cangkir yang lebih pendek dengan kopi yang lebih pahit dan kuat, serta cangkir yang permukaannya lebih besar dengan rasa kopi yang lebih manis.

Sementara, penelitian lain yang dilakukan oleh van Rompay et al pada tahun 2016 menemukan bagaimana rasa yang didapat dari minuman pahit (kopi) dengan rasa pada minuman manis (cokelat hangat).

Penelitian tersebut menunjukkan ternyata partisipan yang minum dari cangkir dengan pola permukaan sudut 3D, dilaporkan 27% lebih pahit. Sedangkan, mereka yang minum dari cangkir dengan permukaan lebih lebar, tingkat kemanisannya lebih tinggi 18%.

Sebagian besar penelitian itu melihat dampak dari bentuk dan tekstur cangkir kopi dengan rasa dan aroma kopi. Berdasarkan penelitian, memang benar ternyata ukuran, tekstur, dan bentuk wadah mempengaruhinya.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT