Slurpp! Gurih Segar Soto Pawon Rp 9.000 yang Disajikan dari Dapur Rumah

ADVERTISEMENT

Slurpp! Gurih Segar Soto Pawon Rp 9.000 yang Disajikan dari Dapur Rumah

Fima Purwanti - detikFood
Selasa, 25 Okt 2022 08:00 WIB
Soto Pawon Hidden Gems di Kota Blitar, Murah dan Nikmat!
Foto: Fima Purwanti
Blitar -

Soto Pawon bisa jadi ide sarapan lezat saat kamu di kota Blitar. Semangkuk soto ayam ini dihargai Rp 9.000 saja. Keunikannya, soto ini ditawarkan di dapur rumah pemiliknya!

Berbagai soto enak mudah ditemukan di kota Bumi Bung Karno ini. Selain soto daging dan jeroan sapi buatan Bok Ireng yang legendaris, ada Soto Pawon yang tak kalah nikmat.

Uniknya soto ini dijajakan di tempat 'tersembunyi', bukan di pinggir jalan raya yang mudah ditemukan. Soto Pawon justru berada di tengah pemukiman warga.

Rumah pemilik Soto Pawon berada di ujung gang kecil. Lokasi tepatnya di Jalan Sulawesi, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

"Dulu memang buka warung di pinggir jalan, dekat perempatan depan. Tapi karena orang tua tidak ada yang jagain, makanya pindah ke rumah sendiri," ujar Pemilik Soto Pawon, Sriati kepada detikJatim, Minggu (16/10/2022).

Soto ayam dan soto daging di Soto Pawon Kota BlitarSoto ayam dan soto daging di Soto Pawon Kota Blitar Foto: Fima Purwanti/detikJatim

Baca Juga: Legendaris dari Blitar! Ini Nikmatnya Soto Bok Ireng Sejak 1940

Sriati mengaku tak menyangka berjualan soto di rumah justru mendatangkan berkah. Meski rumahnya berada di dalam gang, banyak pelanggan yang datang ke warung miliknya, bahkan warung soto pawon miliknya bisa buka hingga tengah malam.

"Mulai jual soto sebenarnya sudah sejak 10 tahun lalu, tapi kalau pindah ke rumah ya sekitar 4 tahun yang lalu. Ya, Alhamdulillah, malah rame yang di sini (di rumah)," terangnya.

Soal bumbu soto, Sriati menyebutkan dirinya memakai resep sendiri untuk kuah soto. Sedangkan untuk isiannya sama dengan soto pada umumnya. Seperti kecambah, bawang goreng, dan potongan daging ayam yang telah direbus dengan bumbu khusus.

Soto ayam dan soto daging di Soto Pawon Kota BlitarSoto ayam dan soto daging di Soto Pawon Kota Blitar Foto: Fima Purwanti/detikJatim

Di balik warna kuning pada kuah Soto Pawon ada rasa yang gurih dan segar sekaligus menghangatkan. Cocok dinikmati kala suasana mendung maupun saat hujan.

Baca Juga: Warung Mbok Rip: Puedes Pol! Sego Kikil dan Uritan Kuliner Malam Legendaris

Rasanya soto ini nikmat, bisa ditambahkan kecap manis bila memang suka rasa manis. Bila suka rasa yang pedas bisa ditambah sambal. Tak hanya punya cita rasa yang khas, harga soto di Soto Pawon juga bisa dibilang terjangkau.

Soto pawon buka setiap mulai pukul 07.00 - 16.00 WIB, dan pukul 17.00 - tengah malam. Harga satu porsi soto mulai dari Rp 9 ribu. Sedangkan untuk minumannya hanya Rp 2.500.

Dalam sehari, Soto Pawon bisa mengolah kitar 30-35 kilogram daging ayam. Sedangkan, untuk nasinya bisa menghabiskan sekitar 55 - 60 kilogram beras.

"Paling ramai ya pas hari libur, Sabtu atau Minggu. Kalau pembelinya beragam. Ada pelajar, juga pekerja. Macam-macam," pungkas Sriati.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Soto Pawon 'Hidden Gems' di Kota Blitar Murah dan Nikmat, Patut Dicoba!



Simak Video "Suasana Pasar Tertua di Blitar yang Kini Kembali Ramai dan Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT