Terungkap! Ini 7 Aturan Unik Pegawai Resto Cepat Saji

ADVERTISEMENT

Terungkap! Ini 7 Aturan Unik Pegawai Resto Cepat Saji

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 18 Okt 2022 18:00 WIB
Setelah 21 Tahun Tutup, Wendys Kembali Buka Gerai di Inggris
Foto: Getty Images/JHVEPhoto
Jakarta -

Tiap restoran memberlakukan aturan bagi pegawainya, tapi ada 7 aturan unik yang berlaku di restoran cepat saji ini. Apa saja ya?

Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, pemilik restoran menerapkan berbagai aturan yang wajib diikuti para pegawai. Aturan tersebut beragam sifatnya.

Mulai dari aturan terkait penampilan, penerapan prosedur operasi standar saat melayani pelanggan, hingga jam kerja. Tapi nyatanya, tak sedikit restoran yang menerapkan aturan lebih jauh lagi untuk pegawainya.

Aturan ini dinilai unik karena sifatnya tak biasa. Meski begitu, para pegawai tetap mengikutinya.

Mengutip Eat This, Not That (18/10), berikut 7 aturan unik pegawai resto cepat saji:

1. Dairy Queen - harus membalikkan cup es krim

Dairy Queen terkenal dengan produk es krimnya yang super kental. Saking kentalnya, es krim ini tidak akan tumpah meski dibalik.

Untuk menunjukkan keunggulan ini, pegawai Dairy Queen wajib membalikkan cup es krim saat menyajikannya pada pelanggan. Tahun 2016, perusahaan bahkan punya promosi "Balikkan atau Gratis". Artinya pelanggan bisa dapat es krim gratis jika pegawai Dairy Queen lupa menunjukkan aksi membalik cup es krim.

2. Starbucks - berdiri di satu tempat

7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga PakaianFoto: Getty Images/Ronald Martinez

Barista Starbucks punya aturan soal posisi berdiri dan bekerja di toko. Mereka diajarkan prinsip "posisi tetap" yang berarti harus tetap berada di area yang ditugaskan sampai supervisor bilang mereka dapat pindah.

Kadang-kadang mereka harus berdiri seharian di stasiun yang ditetapkan. Konon hal ini merupakan bagian dari seperangkat aturan ketat pegawai Starbucks yang disebut Playbook.

3. Domino's - informasikan kemajuan proses pembuatan pizza secara manual

Jaringan restoran pizza global, Domino's, membuat pizzanya dengan bantuan teknologi canggih. Namun dalam urusan memperbarui kemajuan proses pembuatan pizza, pegawai Domino's harus melakukannya secara manual.

Hal ini pernah diungkapkan seorang pegawai mereka. "Beberapa orang berpikir bahwa tracker berjalan otomatis pada penghitung waktu mundur, tetapi setiap tahap kemajuan pembuatan pizza diperbarui secara manual. Meskipun kadang-kadang kami mungkin mengulur waktu untuk menjaga hal-hal tetap berjalan lancar di pihak kami," ujarnya.



Simak Video "Sajian Imlek Istimewa Resto Peranakan Legendaris di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT