5 Tips Mudah Kurangi Kandungan Minyak Berlebih pada Makanan

ADVERTISEMENT

5 Tips Mudah Kurangi Kandungan Minyak Berlebih pada Makanan

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 18 Okt 2022 13:00 WIB
5 Tips Mudah Kurangi Kandungan Minyak Berlebih pada Makanan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sebagian masakan terkadang terlalu berminyak sehingga tidak baik untuk kesehatan. Namun, ada 5 cara mudah hilangkan minyak berlebih pada makanan. Ini tipsnya!

Banyak makanan yang perlu dimasak dengan tambahan minyak. Minyak goreng akan menghantarkan panas, sekaligus berkontribusi memberi rasa dan tekstur yang lebih renyah pada makanan.

Namun, seperti diketahui, makanan yang dimasak dengan banyak minyak tidak baik untuk kesehatan. Terlebih, jika minyak yang dipakai terlalu banyak. Itu bisa menyebabkan penambahan berat badan hingga menyebabkan penyakit serius karena kandungan asam lemak jenuh pada minyak.

Mungkin banyak orang yang sudah menyadari bahwa minyak tidak baik digunakan berlebih. Tetapi kenyataannya cukup sulit untuk memasak tanpa minyak, apalagi jika ingin menghasilkan makanan yang renyah seperti risol, ayam goreng, hingga telur goreng.

Jika kamu ingin memasak tetapi hasilnya justru terlalu berminyak, cobalah lakukan 5 tips mudah ini untuk mengurangi minyak berlebih dari makanan, yang dirangkum food.ndtv.com (19/09).

1. Gunakan Tisu Dapur

5 Tips Mudah Kurangi Kandungan Minyak Berlebih pada MakananTisu dapur atau tissue towel yang biasanya punya bahan seperti kertas penyerap, diperlukan karena tisu ini memang dibuat dengan kemampuan serap tinggi dan kuat. Foto: Getty Images

Persediaan tisu dapur diperlukan dalam kegiatan memasak. Tisu dapur atau tissue towel yang biasanya punya bahan seperti kertas penyerap, diperlukan karena tisu ini memang dibuat dengan kemampuan serap tinggi dan kuat.

Selain ditiriskan, ketika selesai memasak makanan yang digoreng, sebaiknya makanan tersebut diletakkan dulu ke tisu ini. Langkah ini akan membantu penyerapan minyak berlebih sebelum akhirnya minyak itu justru menyerap ke makanan.

2. Ambil Minyak Berlebih dengan Tisu

5 Tips Mudah Kurangi Kandungan Minyak Berlebih pada MakananCukup ambil tisu dapur lagi, kemudian dilipat menjadi lebih kecil, barulah ambil minyak berlebih tersebut dengan cara di tepuk-tepuk secara perlahan. Foto: Getty Images

Sebagian orang mungkin tidak sadar bahwa mereka telah memasak makanan dengan terlalu banyak minyak. Ini biasanya baru disadari ketika beberapa bahan telah dimasukkan.

Misalnya minyak telah dipanaskan kemudian bawang dan rempah rempah lain juga telah dimasak. Tetapi ternyata minyak yang digunakan lebih banyak dari yang diperlukan. Kamu bisa mengambil minyak berlebih tersebut dengan cara ini.

Cukup ambil tisu dapur lagi, kemudian dilipat menjadi lebih kecil, barulah ambil minyak berlebih tersebut dengan cara di tepuk-tepuk secara perlahan. Sebaiknya hal ini dilakukan sebelum kamu memasukkan sayuran atau daging.



Simak Video "Tengkleng Jagoan Jokowi di Solo"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT