Idap Penyakit Ginjal, Wanita Ini Selalu Muntah Setiap Kali Makan

ADVERTISEMENT

Idap Penyakit Ginjal, Wanita Ini Selalu Muntah Setiap Kali Makan

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 18 Okt 2022 12:30 WIB
Idap Penyakit Ginjal, Wanita Ini Selalu Muntah Setiap Kali Makan
Foto: DailyMailUK
Jakarta -

Menderita penyakit ginjal, wanita in alami kesulitan makan. Karena setiap kali konsumsi makanan, dia langsung muntah-muntah.

Seorang wanita bernama Emma asal Doncaster, Inggris, menarik perhatian publik karena penyakit batu ginjal bilateral yang dideritanya. Wanita berusia 23 tahun ini memiliki kondisi langka. Ia selalu muntah setiap kali makan.

Dilansir dari DailyMailUK (17/10), sang ibu bernama Helen Tuck, menjelaskan bahwa putrinya ini secara mendadak terserang infeksi ginjal tersebut. Satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah lewat operasi dan penggunaan antibiotik.

Tapi efek dari perawatan ini, ternyata membunuh bakteri usus alami yang ada di tubuh Emma, sehingga melumpuhkan sistem pencernaannya. Artinya Emma sudah tidak bisa mencerna makanannya seperti dulu lagi.

Baca Juga: Wajib Coba! 5 Makanan Tradisional Enak di Pasar Senggol Bekasi" selengkapnya

Idap Penyakit Ginjal, Wanita Ini Selalu Muntah Setiap Kali MakanIdap Penyakit Ginjal, Wanita Ini Selalu Muntah Setiap Kali Makan Foto: DailyMailUK

"Sejujurnya ini benar-benar membuat saya terpukul. Putri saya masih muda, dan dia anak yang sangat baik. Bahkan jika saya sakit, dia masih berusaha untuk membantu saya, kami sangat dekat," ungkap Helen.

Sebelum mengidap batu ginjal ini, Emma memiliki berat badan 44,5 kg. Tapi semenjak sistem pencernaannya bermasalah di tahun 2019, beratnya menurun drastishingga 31,5 kg.

Helen menyebut berat badan Emma naik turun. Kadang stabil, tapi cepat juga menurun drastis. Hasilnya Emma tidak bisa bersosialisasi seperti orang dewasa pada umumnya.

"Saya kini fokus merawatnya, karena ada banyak obat yang harus diminumnya, dan dia tidak bisa meminumnya secara normal. Jadi harus saya haluskan obat-obat itu. Ini cukup berat, karena dia hanya ingin normal kembali," sambung Helen.

Ada harapan Emma bisa kembali hidup normal, dan menyantap makanan yang dia suka tanpa perlu muntah. Salah satunya dengan memasang alat 'gastric pacemaker', namun pengobatan ini membutuhkan biaya tak sedikit, sekitar £40,000 (Rp 697,4 juta).

Karena biayanya yang tak sedikit kini Helen masih mencari uang, dan menggalang dana untuk kesembuhan Emma. Sementara itu, Emma bertahan hidup lewat obat-obatan hingga cairan agar ia tidak muntah.

Baca Juga: Apa Benar Makan Sushi Bikin Gemuk? Ini Kata Chef dan Pakar" selengkapnya



Simak Video "Kenalan dengan Liberika, Jenis Kopi Langka dengan Rasa Unik"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT