Ini 4 Racikan Kopi Tradisional Indonesia, Tubruk hingga Kopi Joss

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini 4 Racikan Kopi Tradisional Indonesia, Tubruk hingga Kopi Joss

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 18 Okt 2022 07:30 WIB
Kupi Khop, Kopi dalam Gelas Terbalik yang Unik dari Aceh
Foto: Getty Images/iStockphoto/Riza Azhari
Jakarta -

Kopi dikenal di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Selain kopi kekinian, racikan kopi tradisional tak kalah menarik, dari kopi joss hingga kopi terbalik.

Seperti banyak negara di dunia yang memiliki racikan kopi khas, beberapa daerah di Indonesia juga punya racikan kopi tradisional yang unik rasa dan penyajiannya.

Racikan kopinya menggunakan kopi hitam sebagai dasar. Kopi hitam ini biasanya diseduh dan diracik dengan beberapa campuran tambahan.

Dilansir dari TasteAtlas (9/8), di Indonesia ada empat racikan kopi tradisional yang populer. Di antaranya adalah kopi terbalik khas Aceh, kopi tubruk, hingga kopi joss khas Yogyakarta.

Baca Juga: Ladies! Menghirup Semerbak Aroma Kopi Bisa Picu Gairah Seksual

Berikut empat racikan kopi tradisional Indonesia yang populer:

1. Kopi Terbalik

Kupi Khop, Kopi dalam Gelas Terbalik yang Unik dari AcehKupi Khop, Kopi dalam Gelas Terbalik yang Unik dari Aceh Foto: Getty Images/iStockphoto/Riza Azhari

Sumatera tak hanya terkenal dengan masakannya yang enak, tapi ada juga beberapa racikan kopinya. Terutama di daerah Aceh, Sumatera Utara yang memiliki biji kopi Gayo sebagai varietas unggulan Indonesia.

Orang Aceh biasanya meracik kopi Gayo dengan seduhan air panas. Namun, yang membedakan racika kopi Aceh dengan yang lain adalah cara penyajiannya. Karena, kopi disajikan secara terbalik.

Posisi cangkir kopi disajikan terbalik dengan alas berupa piring kecil dan diberikan juga sedotan untuk penikmatnya meniupkan udara ke kopi. Orang Aceh biasa menyebut kopi ini sebagai kopi terbalik atau kopi khop atau tungkuik. Tak hanya kopi hitam, bisa juga diracik dengan tambahan susu kental manis.

Menurut legenda yang tersebar luas, kopi ini berasal dari daerah pesisir di Aceh ketika laki-laki akan menyesap kopi dan kemudian pergi bekerja di laut. Membalikkan cangkir, artinya mereka membiarkan kopi tetap bersih sehingga para pria dapat meminumnya setelah mereka kembali dari kerja.

2. Kopi Joss

Fakta kopi jossFakta kopi joss Foto: iStock

Salah satu racikan kopi yang unik dan terkenal di Indonesia adalah kopi joss. Racikan kopi ini umumnya ditawarkan oleh angkringan di Yogyakarta. Kopi joss diracik dari kopi hitam dengan gula dan air panas.

Keunikannya, kopi ini dicelupkan potongan arang panas. Diberikan nama 'joss' karena arang panas yang dicelupkan ke dalam kopi menimbulkan suara 'joss'. Di Yogyakarta tak sulit mencari racikan kopi joss yang enak.

Salah satunya Kopi Joss Lik Man yang tersohor sejak tahun 1968. Satu cangkir kopi joss biasanya dibanderol mulai dari Rp 5 ribu saja. Selain varian kopi hitamnya, ada juga kopi susu yang ditambahkan arang panas.

Baca Juga: Minum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat Sehatnya



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT