Minum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat Sehatnya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat Sehatnya

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 14 Okt 2022 07:30 WIB
Minum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat Sehatnya
Foto: Site News/Ilustrasi iStock
Jakarta -

Jika biasanya oatmeal disantap dengan susu atau yogurt. Kini oatmeal disebut sehat jika dicampur dengan kopi.

Setiap paginya banyak orang yang tak bisa lepas dari secangkir kopi hangat, untuk membuat tubuh lebih bersemangat. Tapi sayangnya kebanyakan orang meminum kopi yang dicampur banyak gula, krim, sirup dan pemanis lainnya sehingga membuat kopi jadi tak sehat.

Dilansir dari The List (13/10), ada beberapa cara untuk membuat kopi menjadi lebih sehat. Salah satunya dengan mencampur bubuk oatmeal ke dalam kopi, guna menggantikan whipped cream, susu, sampai sirup kental.

Baca Juga: Kopi Jahe Mbah Surip

Meski kombinasi oatmeal dan kopi terbilang aneh, tapi menurut situs Medical News Today, perpaduan ini cukup sehat.

Oatmeal dikemas dengan serat, vitamin, mineral sampai antioksidan. Tentunya rajin konsumsi oatmeal setiap hari, bisa mencengah peradangan tubuh, meningkatkan energi sampai mendorong metabolisme.

Minum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat SehatnyaMinum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat Sehatnya Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Selain itu karena tingginya serat pada oatmeal, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dengan tentunya membuat saluran pencernaan lebih lancar.

Sementara kopi mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), hingga sejumlah kandungan magnesium, kalium, dan antikoksidan yang baik untuk tubuh.

Nah, dengan mencampur kopi dan oatmeal, membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Agar rasanya tak aneh, biasanya orang mencampurkan kopi ke dalam oatmeal sehari sebelum dikonsumsi.

Menu ini dikenal dengan nama coffee overnight oats. Cara pembuatannya cukup mudah, hanya perlu siapkan oatmeal bubuk sesuai selera, kemudian tuang espresso yang sudah diseduh ke mangkuk oatmeal, bisa tambahkan susu almond agar rasa kopinya tak terlalu pahit.

Minum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat SehatnyaMinum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat Sehatnya Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Aduk semua bahan hingga rata, lalu masukkan ke dalam kulkas minimal 4 jam sebelum dikonsumsi. Untuk sarapan, bisa dibuat dari malam hari. Kopi dan oatmeal siap disantap.

Bagi yang suka manis, bisa tambahkan madu alami atau sedikit sirup maple. Bisa juga tambahkan kopi untuk penyeimbang rasa.

Selain kopi dan oatmeal lebih sehat, paduan menu baru ini juga membuat orang-orang jadi tak bosan dengan rutinitas minum kopi harian mereka.

Baca Juga:Viral di Twitter, Resep Es Kopi Susu Kekinian ala Kafe" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT