Keren! Jepang Kini Kembangkan Sushi yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

ADVERTISEMENT

Keren! Jepang Kini Kembangkan Sushi yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 17 Okt 2022 06:00 WIB
Sushi buat ibu hamil hadir di Jepang
Foto: sora news
Jakarta -

Sushi autentik Jepang terbuat dari ikan atau seafood mentah. Oleh karenanya, ibu hamil dilarang untuk mengonsumsinya. Namun, Jepang akan mengembangkan sushi yang aman untuk ibu hamil.

Sushi di Jepang terkenal lezat karena menggunakan ikan dan seafood yang benar-benar segar. Karenanya tak tercium aroma amis sedikitpun pada sajian ini.

Dikarenakan menggunakan ikan dan seafood mentah, ibu hamil dilarang mengonsumsinya. Karena, makanan mentah dapat mengganggu kesehatan janin. Ketika sistem kekebalan tubuh mereka melemah, maka peluang kontaminasi ikan mentah akan meningkat.

Mengutip Sora News (14/10), para ibu hamil di Jepang harus menekan keinginan menyantap sushi. Hal tersebut tentu saja tidak menyenangkan, terutama karena biasanya sushi adalah pilihan makanan yang cukup sehat sehingga tidak perlu khawatir untuk membatasi asupan.

Sushi buat ibu hamil hadir di JepangSushi buat ibu hamil hadir di Jepang Foto: sora news

Baca Juga: Di Resto Ini ada Sushi Rp 10.000 Topping Cheetos hingga Sambal Matah

Namun, kini Jepang sedang mengembangkan sajian sushi yang aman dikonsumsi ibu hamil. Sushi ini akan segera hadir dan dijual.

Ide untuk Kanetsu Sushi, demikian sushi untuk ibu hamil itu disebut, secara resmi diluncurkan musim gugur tahun lalu. Ketika sebuah proyek crowdfunding diluncurkan untuk mencari dana dalam mengembangkan sushi untuk ibu hamil.

Kampanye itu mengumpulkan 1.113 persen dari target awalnya, dan hasilnya adalah sushi yang terlihat di sini. Kanetsu berarti 'dipanaskan', sehingga membuat sushi ramah untuk ibu hamil.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Sushi yang Sering Dihidangkan di Restoran

Sushi buat ibu hamil hadir di JepangSushi buat ibu hamil hadir di Jepang Foto: sora news

Chef yang mengolah sushi kanetsu begitu hati-hati memilih potongan ikan kelas sashimi yang kemudian dimasak dan diletakkan di atas nasi sushi yang diberi cuka. Agar sensasi makan sushi mentah tetap terasa, potongan itu kemudian dimasukkan ke dalam freezer berkecepatan tinggi berbasis cairan khusus.

Proses pembekuan yang cepat ini memberikan dua manfaat dengan meminimalkan jumlah waktu sushi bertahan pada suhu kamar yang kondusif untuk bakteri dan mengurangi ukuran kristal es individu yang terbentuk. Hal ini mampu menjaga rasa makanan selama pengiriman.

Sushi buat ibu hamil hadir di JepangSushi buat ibu hamil hadir di Jepang Foto: sora news

Set Kanetsu Sushi terdiri dari sembilan bagian: salmon, madai (sea bream), udang, kampachi (amberjack), anago (belut air asin), nodoguro uni (blackthroat seaperch dengan bulu babi), hotate (kerang), ika (cumi-cumi), dan tamagoyaki (telur dadar).

Kanetsu Sushi ini dibanderol dengan harga 6.900 yen (Rp 717 ribu) per set. Sushi ini bakal dijual mulai 22 November 2022 di Jepang melalui e-commerce Shopify.

Baca Juga: 5 Restoran Sushi di Bali Ini Tawarkan Sushi Rp 20 Ribu Sepiring



Simak Video "Murah Meriah! Makan Sushi di Mal Mulai Rp 10 Ribu per Piring"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT