Ini 5 Jenis Sushi yang Sering Dihidangkan di Restoran

ADVERTISEMENT

Sushi Murah Meriah

Ini 5 Jenis Sushi yang Sering Dihidangkan di Restoran

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 12 Okt 2022 08:00 WIB
Ini 5 Jenis Sushi yang Sering Dihidangkan di Restoran
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sushi tidak hanya ditemukan di restoran mewah, tetapi juga di restoran kasual atau penjual kaki lima yang harganya lebih terjangkau. Berikut 5 jenis sushi populer di restoran.

Sushi adalah makanan khas Jepang yang pada dasarnya merupakan olahan nasi yang dibumbui dengan cuka, kemudian dapat dinikmati bersama dengan aneka topping atau isian, mulai dari ikan hingga sayuran.

Jenis paling terkenalnya, sushi roll atau sushi gulung dimana nori membalut nasi dan isian lainnya. Tetapi, beberapa restoran punya jenis sushi lebih dari itu.

Restoran Jepang di Indonesia bahkan mengkreasikan sushi lebih kreatif lagi hingga diterima oleh lidah banyak orang. Seperti sushi Roll berisi tamago, crab stick dan mentimun, dan masih banyak lagi.

Agar tidak bingung ketika santap di restoran sushi, kenali 5 jenis sushi populer berikut ini:

1. Nigiri

Ini 5 Jenis Sushi yang Sering Dihidangkan di RestoranPada beberapa restoran yang lebih terjangkau, jenis sushi nigiri yang lebih banyak digandrungi adalah sushi dengan topping tamago atau sajian telur gulung khas Jepang. Foto: Getty Images

Nigiri adalah jenis sushi yang campuran nasi dan cukanya dibentuk menjadi bulat lonjong, kemudian baru diberi topping di atasnya. Selain lonjong, sushi nigiri juga kerap dibentuk segitiga.

Di beberapa restoran, biasanya nigiri menggunakan topping sashimi yaitu ikan atau hidangan laut mentah. Variasi lainnya adalah topping ikan setengah matang, tetapi tidak semua nigiri menggunakan topping tersebut.

Pada beberapa restoran yang lebih terjangkau, jenis sushi nigiri yang lebih banyak digandrungi adalah sushi dengan topping tamago atau sajian telur gulung khas Jepang.

Namun, untuk memvariasikan rasanya, restoran-restoran biasanya menambah topping tambahan seperti sushi nigiri dengan topping tamago dan keju, atau tamago dengan saus mentai, dan tamago dengan saus pedas.

2. Maki

Ini 5 Jenis Sushi yang Sering Dihidangkan di RestoranMaki adalah salah satu jenis sushi populer. Sushi ini dibentuk dengan menggabungkan beberapa lapisan bahan, mulai dari rumput laut, nasi dengan cuka, dan isian. Foto: Getty Images

Maki adalah salah satu jenis sushi populer. Sushi ini dibentuk dengan menggabungkan beberapa lapisan bahan, mulai dari rumput laut, nasi dengan cuka, dan isian.

Lapisan tersebut kemudian akan digulung rapat, lalu dipotong menjadi ukuran yang lebih mudah untuk dikunyah. Ketika sushi maki ini dipotong, akan ada isian gulungan yang terlihat.

Sama seperti sushi lainnya, jenis maki juga punya beberapa macam isian. Isian yang paling umum yaitu crabstick dengan mentimun atau chicken teriyaki. Tetapi saat ini banyak restoran yang menambah gulungan maki dengan saus khusus seperti saus mentai dan saus pedas.



Simak Video "Murah Meriah! Makan Sushi di Mal Mulai Rp 10 Ribu per Piring"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT