Jajanan 'Tahu Bulat' di India, Adonannya Dibentuk Pakai Tangan Telanjang

ADVERTISEMENT

Jajanan 'Tahu Bulat' di India, Adonannya Dibentuk Pakai Tangan Telanjang

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 16 Okt 2022 11:00 WIB
Jajanan Tahu Bulat di India, Adonannya Dibentuk Pakai Tangan Telanjang
Foto: YouTube zhefailmi channel
Jakarta -

Kuliner India selalu menarik disimak, baik jenis maupun cara membuatnya. Siapa sangka di sana ada gorengan serupa tahu bulat. Begini proses bikin hingga pendamping sajian tahu bulat ala India itu.

Seperti halnya di Indonesia, makanan kaki lima di India begitu banyak jenisnya. Setiap makanan ditawarkan dengan harga murah meriah.

Ragam kuliner India lainnya bisa dilihat dalam unggahan YouTube zhefailmi channel. Akun ini dikelola dua mahasiswa Indonesia yang kini tinggal di India, Baitul Ilmi dan Khilda Zhefa.

Pada 23 September 2022, zhefailmi channel menunjukkan gorengan serupa tahu bulat di India. detikfood mengutip informasi ini atas seizinnya.

Ilmi terlihat menyambangi penjual jajanan bernama ram laddo itu. Berada di pinggir jalan, penjualnya terlihat tengah mengaduk-aduk adonan dengan tangan telanjang.

Jajanan 'Tahu Bulat' di India, Adonannya Dibentuk Pakai Tangan TelanjangJajanan serupa tahu bulat di India ini namanya ram laddo. Foto: YouTube zhefailmi channel

"Ini salah satu mongkey dall, adonan tepung nanti digoreng. Nanti hasilnya bulat-bulat," jelas Ilmi. Penjual itu dengan cekatan membentuk adonan menjadi bulat dengan tangan, lalu menggorengnya di wajan berisi minyak panas.

Ram laddo dijual murah meriah, 40 rupee atau sekitar Rp 80.000 per 10 buah. Semua digoreng fresh sebelum dijual ke pembeli.

Gorengan serupa tahu bulat ini dijodohkan dengan sambal hijau dan irisan lobak serta daun ketumbar. Selain gorengan serupa 'tahu bulat', penjual bernama Khisani Adaf ini juga tawarkan cabe goreng.

Jajanan 'Tahu Bulat' di India, Adonannya Dibentuk Pakai Tangan TelanjangPenampakan ram laddo saat baru selesai digoreng. Foto: YouTube zhefailmi channel

Soal rasa, Ilmi bilang enak. "Biasanya kita makan di pasar atau pinggir jalan yang sudah dingin, rasanya agak aneh. Cuma kalau masih panas kayak gini, enak teman-teman," ujarnya.

Dibuat dari tepung jagung, ram laddo memiliki tekstur buyar saat digigit. "Rasanya asin, ada gurihnya sedikit ya," sambung Ilmi. Hanya saja ia bilang sambalnya kurang cocok. "Karena sambalnya dominan ke asam. Jadi kurang nyatu," katanya.

Lanjut coba cabe goreng, Ilmi terkesima dengan ukurannya yang besar. Sebelum digoreng, cabe ini dibalut adonan tepung ram laddo. "Cabenya nggak pedas walaupun besar, enak," ujarnya.

Jajanan 'Tahu Bulat' di India, Adonannya Dibentuk Pakai Tangan TelanjangIlmi saat mencicipi cabe goreng yang menurutnya tidak pedas. Foto: YouTube zhefailmi channel

Ia juga memuji segarnya sayuran lobak dan daun ketumbar yang jadi topping ram laddo. Ilmi pun mempromosikan dagangan penjual ram laddo ini. Lokasinya ada di Krishna Nagar Park di Patna, India.

Selain dengan sambal hijau yang asam, ram laddo rupanya juga bisa disandingkan dengan saus manis berwarna cokelat. Menurut teman Ilmi, menu ini juga tak kalah enak.



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Kuah Tom Yam Autentik Khas Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT