Pelayan Ini Pancing Perdebatan Netizen Karena Pamer Digaji Rp 300 ribu/jam

ADVERTISEMENT

Pelayan Ini Pancing Perdebatan Netizen Karena Pamer Digaji Rp 300 ribu/jam

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 02 Okt 2022 07:00 WIB
Pelayan Ini Pancing Perdebatan Netizen Karena Pamer Digaji Rp 300 ribu/jam
Foto: TikTok @crystalino.xo
Jakarta -

Seorang pelayan restoran ini telah mengundang banyak reaksi netizen karena unggahan video TikToknya. Pasalnya, pelayan itu pamer kalau gajinya Rp 300 ribu/jam.

Menjadi pelayan restoran bukanlah salah satu pekerjaan yang mudah. Karena mereka harus siap menghadapi berbagai macam pelanggan. Belum lagi jika menerima banyak permintaan dari pelanggan.

Di beberapa negara, gaji seorang pelayan mungkin tidak terlalu tinggi. Gaji tersebut juga terkadang tidak sesuai dengan pekerjaan dan jam kerjanya. Tetapi baru-baru ini ada seorang pelayan di restoran cepat saji yang memamerkan penghasilannya per jam.

Melansir dailydot.com (29/09), dalam akun TikTok @crystalino.xo, pelayan bernama Crystalino dari restoran cepat saji Jack in the Box, California, Amerika Serikat mengunggah video yang mengundang banyak reaksi netizen.

Wanita berumur 24 tahun ini memamerkan penghasilannya yang mencapai $20 (Rp 206 ribu) per jam, hanya dengan menjadi seorang pelayan restoran cepat saji. Ia pun menyindir banyak orang dengan mengungkap, "Ketika seseorang mengolok-olok Anda karena bekerja di restoran cepat saji, tetapi mereka menghasilkan kurang dari $20 (Rp 206 ribu) per jam,"

Pelayan Ini Pancing Perdebatan Netizen Karena Pamer Digaji Rp 300 ribu/jamWanita berumur 24 tahun ini memamerkan penghasilannya yang mencapai $20 (Rp 206 ribu) per jam. Foto: TikTok @crystalino.xo

Merasa dirinya memiliki penghasilan yang sangat banyak, dalam keterangan, Crystalino menulis bahwa semua orang bisa memanggilnya apa saja, tetapi dia bukan seseorang yang bangkrut.

Lantas video ini menjadi viral dan sudah ditonton sebanyak 152 ribu kali. Video pemer tersebut juga mengundang banyak reaksi dari para netizen. Sebagian dari netizen setuju dengan Crystalino, sebagiannya lagi justru menentangnya.

Seorang netizen berkomentar bahwa dirinya saja yang bekerja di bidang akuntansi hampir tidak pernah menghasilkan $20. "Sangat benar, saya memiliki gelar associates dalam bidang akuntansi dan hampir tidak pernah mendapat gaji $20," tulisnya dalam komentar.

Tetapi banyak dari netizen yang tidak percaya dengan omongan pelayan itu. Seperti netizen ini yang berkomentar, "Bukannya paling tinggi selama 15-17jam? " Netizen lain ikut komentar, "Bahkan manajer saja tidak menghasilkan lebih dari 19 jam tetapi dia (Crystalino) membodohi orang,"

Melihat banyak pertanyaan yang timbul dari netizen, Crystalino pun segera merespon hal tersebut. Dalam video yang berbeda, wanita ini mengungkap bahwa dia saja tidak pernah membeberkan jumlah gajinya secara rinci.

Pelayan Ini Pancing Perdebatan Netizen Karena Pamer Digaji Rp 300 ribu/jamMelihat banyak pertanyaan yang timbul dari netizen, Crystalino pun segera merespon hal tersebut. Dalam video yang berbeda, wanita ini mengungkap bahwa dia saja tidak pernah membeberkan jumlah gajinya secara rinci. Foto: TikTok @crystalino.xo

"Pertama-tama, saya tidak pernah memberitahu kalian seberapa banyak saya digaji. Jadi itu sedikit lucu melihat kalian menuduhku sebagai pembohong. Saya tidak mencoba untuk membohongi kalian. Saya mendapat gaji lebih dari $20 per jam," jelasnya dalam video.

Tujuan Crystalino mengunggah video tersebut sebenarnya hanya untuk menunjukkan kemampuannya dalam bekerja. Karena banyak orang yang menghakiminya yang hanya bekerja sebagai pelayan restoran cepat saji.

Sementara banyak netizen lain membagikan perbedaan gaji yang ternyata juga dipengaruhi oleh lokasi. Ada netizen yang memahami gaji Crystalino karena ia bekerja di restoran yang berada di California.

Karena itu wajar saja jika Crystalino mendapat penghasilan lebih banyak karena menurut Departemen Hubungan Industrial negara bagian, upah minimum di California adalah $15 (Rp 230 ribu) per jam.



Simak Video "Kulineran Asik Dilayani Robot Futuristik"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT