Asyik! Di 5 Tempat Ini Bisa Langsung Ambil Makanan dan Makan di Dapur

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Makan

Asyik! Di 5 Tempat Ini Bisa Langsung Ambil Makanan dan Makan di Dapur

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 02 Okt 2022 11:00 WIB
Mangut Lele Mbah Marto: Pedes Nampol Lele Asap Berkuah Merah di Yogyakarta
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Ambil makanan dan makan langsung di dapur mungkin cukup aneh. Tetapi di 5 tempat makan enak ini semua menu dimasak dan disajikan di dapur.

Banyak tempat makan atau warung makan yang masih menggunakan metode tradisional. Biasanya para pemilik tempat makan mengizinkan pengunjung untuk masuk langsung ke dapur mereka, dan mengambil makanan di sana.

Bahkan ada juga beberapa tempat makan yang mengizinkan para pengunjungnya, untuk makan langsung di dapur, seraya melihat proses memasak makanan. Serasa makan di rumah.

Meski disediakan sederhana di dapur, tapi tidak mengurangi kelezatan semua makanan tradisional yang disajikan di sini. Seperti makan mangut lele yang legendaris, sampai menikmati ikan cere dengan sambal dadak di dapur tradisional.

Berikut lima tempat makan yang sajikan makanannya langsung di dalam dapur.

Baca Juga: Ayam Bulungan : Legit Gurih Ayam Goreng Legendaris Favorit Jokowi dan Raditya Dika" selengkapnya


1. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto: Pedes Nampol Lele Asap Berkuah Merah di YogyakartaMangut Lele Mbah Marto: Pedes Nampol Lele Asap Berkuah Merah di Yogyakarta Foto: detikcom/Riska Fitria

Mangut lele adalah kuliner berupa ikan lele yang diasap hingga agak kering kemudian dimasak dengan bumbu mangut. Warung mangut lele yang terkenal tersohor di Yogyakarta adalah Mangut Lele Mbah Marto.

Warungnya berlokasi di pinggiran, tepatnya Dusun Nggeneng, Jalan Sewon Indah, Bantul, Yogyakarta. Warungnya sangat legendaris karena Mbah Marto sudah mulai berjualan sejak tahun 60-an.

Ketika datang, pengunjung akan dipersilahkan menuju dapurnya. Di dapur itulah pengujung dapat mengambil menu makanan sendiri. Dapurnya masih sangat sederhana dengan menggunakan kayu bakar dan tungku untuk memasak.

Ada banyak area-area yang bisa ditempati pengunjung untuk menyantap mangut lele. Seperti teras rumah, ruang tamu, bagian hingga dekat dapur. Rasa mangut lelenya pun tidak perlu diragukan lagi. Kisaran harganya sekitar Rp 20.000 saja.

2. Warung Cere Bu Tini

nikmatnya makan ikan cere goreng di warung cere bu tini yang terkenal di tangerangnikmatnya makan ikan cere goreng di warung cere bu tini yang terkenal di tangerang Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Masih di kawasan Tangerang, Warung Cere Bu Tini bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka dengan makanan rumahan sederhana. Lokasinya juga terpencil, tapi banyak sekali orang yang mengetahui warung makan ini.

Ada di Jalan Kranggan, Setu, Tangerang Selatan. Berjarak 2-3 kilometer dari Cisauk. Lokasinya juga tak jauh dari Kali Cisadane. Warung makan ini sangat sederhana, hanya berupa saung bambu. Bahkan dapurnya masih menggunakan kayu bakar. Uniknya, para pengunjung bisa langsung masuk ke dapur, untuk melihat menu makanan apa saja yang sudah matang dan bisa dipesan.

Ikan cere goreng yang jadi andalan warung makan ini juga didapatkan langsung dari Kali Cisadane. Selain ikan cere goreng, warung makan ini juga menyediakan ayam goreng, aneka pepes, jengkol dan pete goreng, aneka tumisan sayur, dan telur dadar. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 10.000-an saja.

3. Warung Koboi

Asyik! Di 5 Tempat Ini Bisa Langsung Ambil Makanan dan Makan di DapurAsyik! Di 5 Tempat Ini Bisa Langsung Ambil Makanan dan Makan di Dapur Foto: Foursquare

Di daerah Banyumas, tepatnya di Warung Koboi Baturraden. Ada tempat makan namanya Warung Koboi, di sini konsepnya makan di pawon atau di dapur langsung dan cukup terkenal karena masakannya yang enak.

Bahkan warung makan sederhana ini sudah jadi objek wisata kuliner, bagi orang-orang yang tengah berada di Baturaden. Berbeda dengan warung makan lainnya, di sini pengunjung tak bisa memilih menu apa yang diinginkan. Karena menu yang dimasak berbeda setiap harinya.

Tapi kebanyakan masakan ruamhan misalnya ayam goreng, petai goreng, taimis tauge, tumis pakis, sambal bawang sampai tumis labu. Dengan kisaran harga Rp 25.000 per paketnya.



Simak Video "Bakso Semox Racikan Wanita Modis "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT