7 Faktor Penentu Kualitas Wagyu yang Wajib Diketahui Pencinta Daging

ADVERTISEMENT

7 Faktor Penentu Kualitas Wagyu yang Wajib Diketahui Pencinta Daging

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 28 Sep 2022 11:30 WIB
5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super Juicy
Foto: Getty Images/iStockphoto/vichie81
Jakarta -

Wagyu adalah daging sapi istimewa dari Jepang. Tiap 5 tahun sekali, ada pameran Wagyu Olympics yang digelar di sana untuk menunjukkan wagyu terbaik.

Zenkoku Wagyu Nouryoku Kyoushinkai atau kerap disebut Zenkyo adalah pameran daging sapi wagyu terbesar di Jepang. Digelar tiap 5 tahun sekali sejak 1966, pameran ini juga dijuluki Wagyu Olympics.

Tahun ini Zenkyo bakal berlangsung dari 6 hingga 10 Oktober di prefektur Kagoshima, Pulau Kyushu. Hanya ada 2 kategori dalam pameran ini yaitu perkembangan jenis wagyu dan kualitas dagingnya.

Dalam 3 periode Zenkyo terakhir, wagyu Miyazaki dari prefektur Miyazaki mendominasi dengan memenangkan salah satu atau kedua kategori ini.

"Jepang memiliki 47 prefektur dan kami tahu mana yang memasuki Zenkyo dan mana yang menahan diri dari kompetisi," kata Wyman Lee Wai-man, pembeli daging untuk jaringan supermarket kelas atas Hong Kong City'super, seperti dikutip dari South China Morning Post (20/9).

Seperti halnya olimpiade olahraga, Wagyu Olympics memiliki 'pemain' yang kuat dan lemah. "Miyazaki dan Kagoshima adalah produsen premium wagyu di Jepang, dan memiliki volume produksi tertinggi serta dukungan kuat dari pemerintah daerah merekam," kata Lee.

7 faktor penentu kualitas wagyu

5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super JuicySapi wagyu dikembangbiakkan secara khusus di berbagai prefektur di Jepang. Foto: Getty Images/iStockphoto/vichie81

Wagyu bisa dibilang makanan mewah yang mendunia karena penggemarnya begitu banyak. Pendapat ini disampaikan oleh influencer makanan Hong Kong, Joyce To Ysz-heo.

"Makanan mewah seperti caviar dan bulu babi mungkin tidak menarik selera semua orang, tapi daging sapi, semua orang menyukainya. Daging sapi juga merupakan bahan makanan yang bisa bikin sesuatu lebih enak seperti burger simpel, dan dipersepsikan menggugah selera serta eksklusif. Itulah sebabnya orang Hong Kong sangat menyukainya," katanya.

Lee menjelaskan kualitas wagyu ditentukan oleh 7 faktor yaitu keturunan sapi, jenis kelamin, usia, grading, geografi, pakan, dan logistik. Faktor seperti keturunan sapi akan berperan menentukan distribusi otot pada sapi, sedangkan pakan sapi akan menentukan rasa dagingnya.

Usia, seperti pada sapi muda dan sapi dewasa, akan mempengaruhi tekstur daging ketika dinikmati. Faktor lain yang tak kalah penting adalah sebaran lemak (marbling) pada wagyu, warna lemaknya, dan kekencangan daging itu.

Lee melanjutkan, "Geografi mengacu pada bagaimana iklim dan suhu mempengaruhi pertumbuhan sapi. Misalnya, sapi yang tumbuh di iklim lebih dingin memiliki serat otot yang cenderung lebih halus. Bagian lidahnya juga bakal lebih lembut."

Informasi soal wagyu terbaik Jepang masih ada di halaman selanjutnya.



Simak Video " Masak Masak: Resep Ribeye Steak Wagyu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT